Mempermudah Pendaftaran Pasien, RSMH Palembang Launching Aplikasi Daftarinaja

  • Bagikan
RSMH Launching pendaftaran online daftarinaja, pada Senin, (13/06/22)

SuaraIndo.Id – Aplikasi daftarin aja yaitu pendaftaran melalui online  yang dapat membantu mempermudah pasien untuk dapat memilih waktu kedatangan dimana jam operasional dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB

dr. Msy Rita Dewi Mustika S., Sp.A (K), MARS Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian Plt. Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Penunjang  mengatakan, aplikasi ini sebetulnya sudah lama kita canangkan tetapi dengan berbagai penyempurnaan sehingga baru direalisasikan, pendaftaran online ini pada prinsipnya sama seperti aplikasi pemesanan tiket online.

“Jadi pasien bisa mendaftar melalui webnya dari rumah dan memberikan identifikasinya  langsung untuk bisa menentukan apakah BPJS atau non BPJS lalu bisa juga untuk mengetahui mereka harus berobatnya kemana ke dokter mana Kalau ada dokternya. Setelah itu, mereka akan diatur oleh aplikasi mereka datangnya di jam berapa dan sampai di sini Mereka langsung check-in lalu pasien mendapatkan barcode dan membawa barcode tersebut untuk langsung discan pada tempat check setelah itu akan terlihat lantai berapa yang akan dituju dan Ruangan masing-masing jadi tidak lagi ribet,” beber Rita saat mensosialisasikan web pendaftaran online daftarinaja yang bertempat di Graha RSMH Palembang. Senin, (13/06/22)

Rita menjelaskan untuk jam operasional tetap sama namun setelah daftar melalui daftarinaja mereka datang ke sini setengah jam sebelum jadwal mereka jika mereka dapat jam 8 maka mereka check ini jam 07.30 sama seperti boarding pass naik pesawat,

Proses menjadi cepat dan mengurangi dari kepadatan antrian yang ada, tidak perlu antri sampai 12 meja seperti yang kita lihat tadi.

Untuk sistem kerjanya pihaknya menuturkan pendaftaran online melalui daftarinaja dalam satu jam menerima lima pasien dimana tersistem dapat mengatur ketika seatnya habis maka pasien akan masuk ke jadwal berikutnya untuk mempertahankan mutu layanan karena didalam mutu layanan setidak-tidaknya mereka melakukan pemeriksaan dalam 10 menit untuk satu orang sehingga kita batasi,” jelasnya.

“Misalnya di klinik penyakit dalam untuk jantung dia sudah memilih di jam 8 sampai jam 9 tetapi sudah ada 5 pasien maka otomatis dia akan masuk di jam 9 sampai jam 10 begitu seterusnya sehingga ini tidak ada pemadatan yang disana, memberikan kenyamanan pada pasien dan mengurangi resiko untuk penularan,” terang Rita.

Sementara itu Penanggung jawab Program Nurman Haryadi menambahkan, untuk pendaftaran online di RSMH akan ada tim Humas, promkes, IT dan Rekam medik yang siap membantu misalnya jika ada pasien atau keluarga pasien yang belum paham untuk melakukan pendaftaran online, dengan cara upload berkas, untuk kemudian esoknya tinggal datang sesuai dengan jam yang tertera,” pungkasnya

  • Bagikan