Suaraindo.id – Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Bimbingan Teknis Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, Akuntansi dan Pelaporan SIPD tahun 2023, di Mahkota Hotel, Kota Singkawang, 5-8 November 2023.
Secara resmi kegiatan yang diikuti 140 peserta, yaitu kasubag perencanaan dan keuangan, bendahara dan operator sistem seluruh OPD Pemkab Mempawah ini dibuka Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Minggu (5/11/2023).
Hadir saat pembukaan bimtek, para pimpinan OPD, serta Kasubdit Sistem informasi dan Dukungan Teknis Keuangan Daerah Direktorat Bina Keuangan Kemendagri RI Ananto Budiono.
Wakil Bupati mengatakan SIPD-RI (Sistem Informasi Perangkat Daerah Republik Indonesia) telah ditetapkan sebagai aplikasi umum berbasis micro service dan telah di-launching KPK RI.
“Melalui aplikasi ini diharapkan tercipta suatu pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan sinkronisasi antara program pusat dan daerah berbasis elektronik dalam satu sistem SIPD,” katanya.
Ia juga berharap usai bimtek, peserta memahami dan dapat mengaplikasikan penginputan data, sinkronisasi pencapaian sasaran program daerah dalam tahapan perencanaan, penganggaran maupun akuntansi pelaporan.
“Tolong dengarkan dan pahami berbagai materi yang disampaikan narasumber dari Direktorat Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan BPKAD Jawa Barat yang kita hadirkan dalam bimtek ini,” ucapnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Mempawah Ami Febrianto selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bimtek ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada para peserta.
Terutama terkait implementasi SIPD-RI berkenaan dengan perencanaan penganggaran yang telah digunakan pada tahun 2023 ini, serta implementasi SIPD penatausahaan, akuntansi dan pelaporan yang akan digunakan seluruh perangkat daerah.
Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan bimtek ini adalah terwujudnya sinkronisasi dokumen perencanaan dan penganggaran pada SIPD-RI dan integrasi secara real time proses SIPD penatausahaan dan SIPD akuntansi pelaporan.