Suaraindo.id- Mewabahnya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak dan dituntut mampu beradaptasi agar dapat bertahan.
Meski demikian, ada juga beberapa sektor industri yang memiliki peluang dan harapan yang cukup baik untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
Salah satunya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi menjadi satu dari sekian banyak pelaku bisnis yang diharuskan untuk beradaptasi di tengah disrupsi pandemi ini.
GM Telkom Witel Sumbar, Alfi Sumarta mengungkapkan, adanya pandemi Covid-19 memberikan ruang akselerasi digital sehingga mengharuskan perusahaan untuk mempercepat upaya transformasi tersebut.
Menurutnya, peluang ini sebagai sebuah momentum. Pasalnya, tidak hanya untuk bertahan memberikan kinerja yang cemerlang tapi juga untuk melahirkan inovasi melalui produk dan layanan digital, untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat yang turut mengalami pergeseran.
“Kita (Telkom) selalu siap berdamai dengan setiap keadaan dan perubahan yang ada. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya dengan semangat.
Lebih jauh disampaikannya, pandemi ini secara tidak langsung mengubah gaya hidup dan kebutuhan, hingga mengakselerasi adopsi digital masyarakat.
“Demi meminimalisasi penyebaran virus. Kegiatan aktivitas belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Kondisi ini menyebabkan pergeseran kebutuhan masyarakat, di mana internet menjadi kebutuhan yang sangat penting saat ini.
Hal itu juga menjadikan Digital Business Telkomsel dan IndiHome menjadi mesin utama pertumbuhan pendapatan, khususnya di masa pandemi Covid-19.
Sumbar, sambung Alfi, untuk ketersedian akses di bawah Telkom sudah mulai terpenuhi di seluruh Kota dan Kabupaten. Kecuali di Kepulauan Mentawai hanya baru di Tuapejat.
Untuk itu, Telkom secara konsisten terus mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas, mengembangkan talenta digital unggulan, mendorong kemampuan digital.
Kemudian, meningkatkan adopsi digital bangsa serta mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.
“Digitalisasi menjadi hal yang sangat besar manfaatnya dalam mendukung beragam aktivitas. Untuk itu, kami berupaya untuk hadir di setiap aspek kehidupan masyarakat dan mendukung kebutuhannya,” tutupnya.