Sekilas Info

Parlemen

Dua Raperda Prakarsa DPRD Landak Disahkan

Suaraindo.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak menggelar rapat paripurna ke-26 masa sidang 1 tahun 2020 dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi (BAPEMPERDA) terkait dua Raperda Prakarsa DPRD Landak senin pagi (14/9/2020).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Landak Heri saman, didampingi Wakil Ketua DPRD Oktapius turut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius mewakili Bupati Landak, para Kepala OPD, serta Anggota DPRD Landak.

Dua Raperda Prakasa DPRD Landak yang sebelumnya disampaikan oleh DPRD Landak dalam rapat paripurna pada agustus 2020 lalu yaitu Kabupaten Layak Anak, dan Penyelenggaraan Perpustakaan disetujui oleh masing-masing fraksi DPRD Landak bersama pihak Eksekutif Untuk Kemudian disahkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Landak.

Ketua DPRD Kabupaten Landak Heri Saman mengatakan, pengesahan terhadap dua raperda tersebut sudah tepat dilakukan. Terutama berkaitan dengan Kabupaten Layak Anak. Mengingat menurut ia persoalan anak merupakan perhatian baik dari pemerintah maupun peran langsung dari masyarakat sehingga diperlukan adanya regulasi berupa perda yang mengaturnya.

"Raperda yang berkaitan dengan Kabupaten Layak Anak ini sangat penting sekali, karena ini merupakan salah satu urusan wajib yang harus kita laksanakan, sehingga kita merasa penting adanya regulasi dalam bentuk perda yang mengaturnya," ungkap Heri saman.

Heri saman juga mengucapkan terima kasih kepada pihak eksekutif yang telah bersama-sama melakukan pembahasan terhadap dua raperda tersebut, sehingga dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada pihak eksekutif dalam hal ini Bupati yang sudah menyatakan bahwa sependapat dua raperda tersebut menjadi peraturan daerah dan pelaksanaannya akan dilaksanakan oleh pihak eksekutif yang akan ditindaklanjuti dalam peraturan Bupati," tambah Heri saman.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Landak Cahyatanus. Ia mengatakan bahwa Kabupaten Layak Anak adalah Kabupaten yang melindungi hak-hak anak dimana anak merupakan generasi penerus bangsa, yang apabila tidak disiapkan dari sekarang maka generasi berikutnya akan menjadi generasi yang tidak baik.

"Oleh karna itu, Kabupaten Landak berfikir kedepan bahwa perda ini memang perlu kita sahkan, demikian juga perpustakaan. Perpustakaan ini adalah jendela ilmu bagi generasi muda, agar ilmu pengetahuan dan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Landak menjadi orang-orang yang patut mendapat prestasi yang akan datang," ungkap Cahyatanus.

Sementara itu, Bupati Landak yang diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius menyambut baik dengan telah disahkannya dua raperda tersebut menjadi peraturan daerah.
Selanjutnya menurut Vinsensius pihaknya dieksekutif akan melakukan pembahasa lebih lanjut terkait dua raperda tersebut.

"Dua raperda ini sangat penting, kalau anak ini kan merupakan generasi penerus yang harus kita jaga dan hak-haknya sebagai anak harus terjamin, sementara untuk penyelenggaraan perpustakaan agar kedepan anak-anak kita dengan wawasan yang luas kita akan membentuk sistem dengan penyelenggraan perpustakaan menyesuaikan dengan dunia yang ada sekarang," ketusnya

Penulis: Nik
Editor: Tim Redaksi

Baca Juga