Sekilas Info

Politik

Ketua DPR AS Capai ‘Kemajuan’ dengan Pemerintah terkait Stimulus Covid-19

Ketua DPR AS Nancy Pelosi dalam konferensi pers di Capitol Hill di Washington, Oktober 2020. (Foto: Reuters)

Suaraindo.id-Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, Selasa (20/10), mengatakan perundingan antara Gedung Putih dan Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dikuasai Partai Demokrat pada putaran kedua bantuan besar--besaran untuk virus corona sudah mencapai kemajuan

Dalam wawancara dengan Bloomberg News menjelang pembicaraannya melalui telepon dengan Menteri Keuangan Steve Mnuchin, Pelosi mengatakan kedua belah pihak sedang menyelesaikan perselisihan terkait bahasa, menetapkan strategi pengujian nasional untuk mendeteksi virus corona, serta menangani dampak pandemi pada komunitas kulit berwarna. Kedua belah pihak masih merundingkan bahasa untuk pendanaan darurat bagi pemerintah negara bagian dan lokal yang kekurangan dana.

Pelosi sebelumnya menetapkan Selasa (20/10) sebagai hari terakhir untuk mencapai kesepakatan dengan pemerintahan Trump sebelum pemilihan presiden dan Kongres, yang tinggal dua minggu lagi pada 3 November.

Namun, ia tidak membesar-besarkan tenggat yang ditentukannya sendiri itu, dengan mengatakan pada Selasa (20/10) "hari ini bukan hari dimana kita akan membuat kesepakatan, tetapi hari dimana kita memiliki ketentuan-ketentuan kita untuk bisa melakukan langkah selanjutnya."

Ketua fraksi Mayoritas di Senat Mitch McConnell, Selasa (20/10), berkomitmen untuk membawa rancangan undang-undang (RUU) apapun yang disetujui Trump, hasil dari kesepakatan pada Senat untuk pemungutan suara.

"Jika kesepakatan seperti itu di setujui DPR, tentu dengan persetujuan atau janji presiden, kita akan membawanya ke Senat," kata McConnell kepada wartawan.

Jika perundingan antara Gedung Putih dan Dewan Perwakilan Rakyat yang dikuasai Partai Demokrat gagal, kesempatan berikutnya untuk merundingkan bantuan baru akan diperoleh selama sesi Kongres pada November dan Desember. [my/pp]

Penulis: VOA
Editor: Heny

Baca Juga