Sekilas Info

Budaya

Kampung Negeri Katon Kedepankan Kearifan Budaya Lokal

Suaraindo.id- Menggunakan Dana Desa tahun 2020 Kepala Kampung Negeri Katon Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah merealisasikan Pembangunan Tugu Muli Menganai Minak Riyo Sidang Penateu.

Tugu Muli Menganai yang baru selesai dibangun pertengahan bulan ini menjadi daya tarik masyarakat sekitar. Pasalnya tugu ini dibangun diantara dua jalan penghubung yang letaknya sangat strategis ditengah perkampungan.

Selain letaknya yang strategis Tugu Muli Menganai ini juga mengandung nilai sejarah yang sangat penting untuk masyarakat kampung Negeri Katon, dimana nama tugu diambil dari nama leluhur Kampung Negeri Katon yaitu Minak Riyo Sidang Penateu.

Minak Riyo Sidang Penateu adalah tokoh Kampung Negeri Katon yang dahulu sangat berjasa membangun Kampung Negeri Katon selain itu juga beliau salah satu tokoh yang dituakan di amarga Selagai Lingga, beliau dimakamkan di Kramat yang dimanakah Gawang Karomah Kramat Negeri Katon.

Kepala Kampung Negeri Katon Hasanuddin menyampaikan, pembangunan Tugu Muli Menganai tersebut merupakan salah satu program yang direncanakannya dengan mengacu pentingnya melestarikan nilai sejarah kepada masyarakat Negeri Katon.

"Dari awal kepemimpinan, saya sudah merencanakan agar kampung Negeri Katon memiliki ikon sejarah. Artinya, penting untuk terus dilestarikan ke anak keturunan. Sosok Minak Riyo Sidang Penateu adalah tokoh penting masyarakat Negeri Katon yang wajib kita teladani," ungkapnya Hasanuddin, Senin (23/11/2020).

Selain itu, Hasanuddin menambahkan, dengan dibangunnya tugu Muli Menganai ini dapat menambah daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar terlebih dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke kampung Negeri Katon.

"Diharapkan dengan dibangunnya tugu Muli Menganai ini dapat menjadi daya tarik masyarakat sekitar dan menjadi aikon kebanggaan bagi masyarakat Negeri Katon yang mengandung nilai sejarah," tutur Hasanuddin.

Lebih lanjut, Hasanuddin berpesan kepada masyarakat Negeri Katon untuk selalu menjaga dan merawat tugu yang telah dibangun tersebut agar tetap indah dipandang mata.

"Jangan dirusak atau diganggu demi Kampung Negeri Katon yang kita cintai," tutupnya.

Ditempat terpisah Bahiram Gelar Suttan Pucak dan Ilham Gelar Pengiran Mupuan Migo menyampaikan, ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala Kampung Negeri Katon yang mana telah mengingatkan kembali atas leluhur yang telah mendirikan kampung Negeri Katon ini.

"Semoga dengan di bangunya tugu Muli Menganai Riyo Sidang Penateu dapat menjadi wasilah anak keturunan kita," ketusnya.

Penulis: Febri
Editor: Redaksi

Baca Juga