Sekilas Info

Sosial

YLBH Kotabumi Soroti Pembangunan Pamsimas di Desa Ogan Campang

Suaraindo.id- Advokat Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Kotabumi Bram Fikma angkat bicara terkait pelaksanaan Pamsimas di Desa Ogan Campang, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara yang mendapatkan kritikan dari warga setempat dikarnakan pembangunannya disinyalir tidak sesuai dengan pelaksana kegiatan dan petunjuk teknis.

Sedangkan, program Pamsimas merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Bram Fikma mengatakan seharusnya, inspektorat lebih proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana Pamsimas. Tidak hanya menunggu laporan baru turun ke lapangan. Ia juga mengatakan bahwa inspekrorat memiliki dua fungsi utama yakni pembinaan dan pengawasan.

"Apapun hasilnya harus ditindaklanjuti, kalau penggunaan dana sudah sesuai aturan maka harus diberikan apresiasi, tapi kalau ada indikasi, dan penyimpangan harus ditindak tegas, bahkan kalau ada unsur pidana harus dilaporkan ke aparat penegak hukum (APH) baik Kepolisian atau Kejaksaan," ujarnya sabtu (28/11/2020).

Tak hanya itu Bram Fikma juga menyampaikan bahwa apapun hasil yang dilakukan oleh Inspektorat harus diketahui oleh publik, sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya dan tidak ada salah sangka bahwa inspektorat tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Sementara itu, saat dikonformasi Ketua pelaksana pembangunan Pamsimas Jamudin belum dapat memberikan keterangan kepada media.

Penulis: Febri
Editor: Redaksi

Baca Juga