Cegah Kematian Ibu Melahirkan, Lakukan Pembinaan Bidan

  • Bagikan

Suaraindo.id— Ikatan Bidan Indo esia cabang Lombok Timur melakukan pembinaan dan bimbingan teknis terhadap bidan se Kecamatan Sembalun, guna mencegah dan mengurangi angka kematian  ibu melahirkan dan angka kematian bayi balita.

Ketua IBI Cabang Lombok Timur Hj Rauhulyana mengatakan salah satu upaya IBI untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi, memerlukan pembinaan terhadap semua bidan di Lombok Timur.

Pembinaan bidan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi peran bidan pada pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) , Keluarga Berencana dan kesehatan reproduksi,dalam mendukung penguatan pelayanan di fasilitas kesehatan primer atau pelayanan dasar.

“Jadi kita tau keberadaan Bidan itu berada pada penguatan pelayanan fasilitas kesehatan dasar,” katanya pada Suaraindo.id.

Adanya pembinaan ini, IBI berharap agar bidan bidan di Lombok Timur untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yang diberikan kepada masyarakat. Mulai dari administrasi, kemudian kegiatan kegiatan harus sesuai dengan standar pelayanan yang ada. IBI juga mendukung penuh kepada Bidan di Lombok Timur berinovasi saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga benar benar menyentuh kepada masyarakat, baik dalam bentuk edukasi. Sehingga nantinya ada perubahan perilaku bagi masyarakat. Begitu juga kepada Bidan, agar tetap semangat untuk meningkatkan kualitas dan kemampuannya.

Pada pembinaan tersebut, sebanyak 20 bidan se Kecamatan Sembalun terlibat. Dalam pembinaan ini, Bidan diberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melakukan pendekatan kepada sasaran. Terutama terhadap Ibu melahirkan, untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam pelayanan.

“Karena jika ada kasus kematian Ibu Melahirkan, tugas Bidan memberikan pe jelasan kepada keluarga secara benar dan terarah,” sambungnya.

  • Bagikan