Daftar Pilihan Makanan Pereda Stres, Cokelat Hitam Hingga Yogurt

  • Bagikan
Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

Suaraindo.id – Pandemi covid-19 secara tidak langsung meningkatkan tingkat stres. Meskipun beberapa stres itu baik karena mendorong kita untuk tampil lebih baik dan membuat pilihan yang tepat. Tetapi terlalu banyak stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Stres kronis dapat meningkatkan peradangan di tubuh kita, mengacaukan suasana hati, tidur, kebiasaan makan, dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Selain itu, makanan juga dapat memainkan peran utama dalam perasaan Anda.  Meskipun terlalu banyak stres tentang apa yang Anda makan tidak akan membantu, cukup bertukar makanan dapat sangat membantu. Berikut beberapa pilihan makanan sederhana yang akan membuat Anda merasa lebih tenang seperti dilansir dari laman Times of India.

Makanan pengganti untuk meredakan stres

1. Pilih oatmeal di atas roti putih

Tidak semua karbohidrat buruk untuk Anda. Faktanya, karbohidrat baik untuk tubuh dan otak Anda dan dibutuhkan oleh tubuh sama seperti nutrisi lainnya. Karbohidrat membantu kita membuat neurotransmitter serotonin yang membuat kita merasa nyaman. Tapi tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Jadi, seseorang harus memilih dengan bijak. Biji-bijian utuh (seperti oatmeal) memiliki serat yang dicerna dengan lambat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula, tidak seperti karbohidrat sederhana.

2. Pilih salmon sebagai pengganti sosis

Penting untuk memilih protein yang tepat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan untuk menjaga tingkat stres Anda tetap terkendali. Salmon mengandung lemak omega-3, yang membantu mengurangi kecemasan, sesuai penelitian. Daging olahan seperti sosis mengandung bahan pengawet dan terlalu banyak natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Kurangi konsumsi daging olahan dan makan ikan dua kali seminggu untuk mengelola tingkat stres Anda.

3. Pilih kacang sebagai pengganti granola

Olahan granola kemasan di pasaran penuh dengan gula. Sebaliknya, kacang-kacangan memiliki serat, lemak, dan protein yang menyehatkan sehingga Anda tidak akan merasa lapar terlalu cepat. Kacang juga kaya akan vitamin B, yang akan habis saat seseorang stres. Kalium dalam kacang membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran.

4. Pilih cokelat hitam pengganti permen

Sebagian besar dari kita menyimpan beberapa permen di meja kerja dan di laci samping tempat tidur. Kita mengambil permen manis ini saat kita stres, tapi ini bisa menjadi bumerang karena gula darah naik turun yang disebabkan oleh gula. Sesuai penelitian, dark chocolate membantu mengurangi stres dan karenanya merupakan pertukaran yang sempurna untuk permen manis bergetah itu. Pilih coklat dengan 70 persen kakao.

5. Pilih teh herbal daripada anggur

Banyak orang membiasakan minum setiap hari hanya karena mereka merasa itu membantu mereka menghilangkan stres. Meskipun ya, alkohol untuk sementara waktu dapat meredakan stres, hal itu seharusnya tidak menjadi kebiasaan. Alkohol sebenarnya merupakan depresan yang dapat meningkatkan kecemasan. Pilih teh herbal daripada alkohol. Telah diamati bahwa peminum teh memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah, yaitu hormon stres. Teh herbal bebas kafein. Kafein bisa memicu kecemasan dan mengganggu tidur. Jadi, secangkir teh herbal mungkin tidak terlihat sebagus segelas wine tapi pasti akan membuat Anda merasa lebih baik jika Anda sedang stres.

6. Pilih yoghurt daripada keju

Yoghurt adalah pilihan yang lebih baik daripada keju karena kaya akan probiotik dan baik untuk bakteri usus Anda. Anda akan terkejut mengetahui bahwa 50 persen dopamin dan 95 persen serotonin (bahan kimia penambah suasana hati) diproduksi di usus Anda. Sumber probiotik umum lainnya termasuk kimchi, kombucha dan kimchi.

  • Bagikan