Guru Matematika di Padang di Video Call Presiden Jokowi, Ini Percakapan Mereka

  • Bagikan

Suaraindo.id- Seorang guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Padang tidak menyangka akan di video call oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Percakapan antara guru tersebut dengan orang nomor satu di indonesia itu bisa disaksikan di akun resmi youtube sekretariat presiden yang di unggah Jumat, 11/9/2020.

Diketahui, guru tersebut bernama Rika Susi Waty guru SMP Negeri 7 orang yang merupakan guru matematika. Dalam video yang berdurasi 4 menit 10 detik itu Jokowi menanyakan bagaimana proses belajar mengajar di masa pandemi kepada Rika.

“Tidak semua murid yang memiliki handphone, yang tidak memiliki handphone kita data betul anaknya, kita cek anaknya ke rumah, jika tidak mampu kita fasilitasi ke sekolah pak,” jawab Rika dalam video yang diunggah pada Jumat (11/9/2020) tersebut.

Jokowi melanjutkan pertanyannya, urusan belajar online saat ini orang tua memegang peran yang sangat penting begitu juga dengan wali kelas. Jokowi lanjut menanyakan bagaimana komunikasinya dengan orang tua dan wali kelas dalam kondisi seperti ini.

“Kita komunikasinya lewat WhatsApp Group. Jika ada misalnya ada anak yang bermasalah kita kasih jadwalnya setiap hari Jumat, tapi kita gantian yang datangnya pak, tapi ini untuk yang bermasalah saja,” ujar Rika.

Khusus untuk dirinya, Rika memotivasi anak dengan video call dan voice note (pesan suara).

Jokowi menyampaikan, yang penting Rika memotivasi anak agar semangat belajar dalam masa pandemi ini, dan tetap pada posisi yang baik. Kepada Rika, Jokowi meminta saran dan pesan untuk dirinya atau pesan untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

“Kami pengennya ya bisa tatap muka langsung, seandainya memungkinkan kita bagi per shift, masuknya tidak banyak-banyak kalau itu memungkinkan,”

“Karena memang kasihan sekali anak-anak banyak tidak tau pak, itu yang paling utama saya kadang menangis pak. Apalagi anak-anak yang orang tuanya tidak mampu itu kadang mereka punya android namun tidak punya paket data. Ada bantuan dari bank untuk beli handphone walaupun murah,” kata Rika.

Jokowi menjawab, belajar tatap muka itu baik, tetapi di masa pandemi resikonya kalau anak terpapar COVID-19 semuanya menjadi salah. “Bu Rika tetap semangat, salam untuk anak-anak,” kata Jokowi. (Red)

  • Bagikan