Sekilas Info

Pendidikan

ITB Terima 6.491 Mahasiswa Baru Tahun Ini, Termuda Berusia 15 tahun

Ilustrasi kampus ITB (Institut Teknologi Bandung). FOTO/ISTIMEWA

Suaraindo.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 6.491 mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021. Upacara penerimaannya dilakukan secara daring (online), Kamis 10 September 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring menyebutkan mahasiswa baru itu terdiri dari 3.905 orang Program Sarjana dan 1.971 mahasiswa Program Magister. Selain itu 212 mahasiswa Program Doktor, 111 mahasiswa Program Apoteker, dan 292 mahasiswa Program Profesi Insinyur.

Sekitar 65 persen dari para mahasiswa baru ITB itu berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Sementara  17 persen lainnya asal Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur. Adapun dari luar Jawa sebanyak 18 persen.

Mahasiswa termuda untuk Program Sarjana adalah 15 tahun, Program Magister 19 tahun, dan Program Doktor 23 tahun. Soal mahasiswa termuda ini, Direktur Pendidikan ITB Arief Haryanto yang dihubungi menyatakan tidak ada kriteria usia dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Yang diterima mengikuti syarat sudah menyelesaikan pendidikan setingkat SMA,” ujarnya Kamis, 10 September 2020. Dia menambahkan, ITB juga tidak menyediakan kuota khusus untuk mahasiswa berdasarkan usia.

Baca juga:
Ini Top 10 World University Rankings 2021, Di mana ITB dkk?

Rektor Reini Wirahadikusumah dalam penerimaan plus pengenalan pimpinan hingga para dekan tersebut mengajak sivitas akademika dan keluarga besar ITB untuk bersama-sama menghadapi masa pandemi Covid-19. “Dengan tujuan mendapatkan solusi bersama di tengah krisis akibat pandemi ini,” katanya.

Penulis: Teras
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga