Sekilas Info

Gaya Hidup

3 Risiko Menggunakan Jeruk Nipis untuk Mengecilkan Perut

Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

Suaraindo.id- Banyak cara untuk mengecilkan perut yang buncit. Salah satunya adalah dengan minum air perasan jeruk nipis yang jadi pilihan banyak orang. Meski jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal sebelum mencoba jeruk nipis untuk mengecilkan perut.

Terlebih, memang belum ada penelitian yang mendasari teori cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis. Namun minum air perasan jeruk nipis tidaklah buruk untuk kesehatan. Air perasannya adalah asupan yang rendah kalori, sehingga bisa membantu Anda mengisi perut tanpa harus takut gemuk.

Buah ini juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori di tubuh akan berlangsung lebih cepat. Di saat yang sama, tubuh juga akan menyimpan lebih sedikit lemak. Beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut, dengan minum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat setiap pagi saat perut masih kosong atau mengisap potongan jeruk nipis setiap sebelum makan

Selain iu, ada beberapa risiko kesehatan lain yang harus Anda waspadai saat mengkonsumsi air perasan jeruk nipis.
1. Naiknya asam lambung

Bagi Anda yang punya riwayat maag atau GERD sebaiknya berhati-hati saat mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Hal ini karena asam yang ada pada jeruk nipis bisa meningkatkan kadar asam lambung. Minum air perasan jeruk nipis untuk sebagian orang juga bisa memicu gejala gangguan lambung lain seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, dan sulit menelan.

2. Gigi berlubang

Sifat asam yang ada pada jeruk nipis juga bisa meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Sebab, zat asam tersebut akan mengikis lapisan terluar gigi yang disebut enamel.

3. Alergi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap buah-buah sitrus seperti jeruk nipis. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki alergi ini sebelum mencoba cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis.Saat alergi terjadi, gejala seperti bentol-bentol, bengkak di wajah, hingga sesak napas bisa terjadi.

Air perasan jeruk nipis bukan satu-satunya cara untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan. Cara mengecilkan perut secara alami yang paling mudah dilakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan protein serta serat. Hindari makanan cepat saji, perbanyak olahraga serta mengatur tidur.

Penulis: Teras
Editor: Heny

Baca Juga