Sekilas Info

Iptek

Pengguna Apple iPhone 12 Akan Hadapi Masalah WhatsApp yang Serius

Pada iPhone 12 Pro (6,1 inci) dan Pro Max (6,7 inci), Apple mengedepankan desain lebih elegan, di antaranya dengan lengkung sempurna frame dari baja antikarat. Kamera belakang juga triple dengan performa yang lebih ditingkatkan, seperti adanya teknologi Deep Fusion dan Sensor-shift untuk stabilisasi gambar optis, serta LiDAR. apple.com

Suaraindo.id - Pengguna WhatsApp yang akan beralih ke iPhone 12 baru akan mengalami kerentanan yang menganga dalam cara kerja WhatsApp, hal yang tidak dialami oleh iMessage.

Baik WhatsApp dan iMessage dienkripsi ujung ke ujung. Pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Jika Anda meningkatkan ke iPhone 12 baru, Anda akan mentransfer akun pesan dan riwayat Anda ke ponsel baru Anda. Namun, dengan melakukan itu, keamanan pesan-pesan tersebut berbeda antara iMessage dan WhatsApp dan enkripsi ujung-ke-ujung itu dapat dikompromikan.

Masalahnya terkait dengan Apple iCloud, dan cara yang sangat berbeda yang digunakan WhatsApp dan iMessage menggunakan iCloud dari hari ke hari dan, yang terpenting, untuk mentransfer ke perangkat baru, sebagaimana dilaporkan Forbes baru-baru ini.

Cadangan obrolan WhatsApp menawarkan iCloud sebagai satu-satunya pilihan dan menyarankan agar cadangan ini digunakan untuk memulihkan pesan ke iPhone baru. “Cadangkan riwayat obrolan dan media Anda ke iCloud,” kata WhatsApp, “jadi jika Anda kehilangan iPhone atau beralih ke yang baru, riwayat obrolan Anda aman.” Namun penggunaan kata "aman" itu memiliki peringatan yang serius.

Masalahnya adalah, "media dan pesan yang Anda cadangkan," diakui WhatsApp, "tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp saat berada di iCloud."

Bukan hanya Anda dan orang yang Anda kirimi pesan yang dapat melihat konten. Anda telah memberikan kunci kepada Apple. Jika penegak hukum memanggil Apple dengan surat perintah, misalnya, cadangan WhatsApp Anda dapat diakses. Masalah keamanan ini merusak enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp.

Apple dulu memiliki masalah yang sama dengan iMessage, yaitu anomali di mana enkripsi ujung-ke-ujung tidak valid oleh cadangan cloud. Masalah ini kemudian diperbaiki pada tahun 2017 dengan iOS 11.

Nah, metode yang direkomendasikan WhatsApp untuk mentransfer akun Anda ke iPhone baru telah ditolak oleh Apple untuk iMessage tiga tahun lalu, mengingat masalah keamanan dan privasi yang serius.

Jadi, bagaimana iMessage memperbaiki masalah tersebut? Tidak seperti WhatsApp, iMessage menawarkan akses multi-platform. Anda dapat menggunakan akun iMessage yang sama di iPhone, iPad, dan Mac Anda. Tidak hanya itu, Apple juga menawarkan opsi untuk menyinkronkan riwayat pesan lengkap Anda di semua perangkat yang ditautkan tersebut. Jika Anda menambahkan perangkat baru, Anda cukup mengaktifkan "Pesan di iCloud" di bawah pengaturan iCloud Anda dan semua pesan Anda akan diunggah.

“Pesan di iCloud” mempertahankan enkripsi ujung ke ujung, “data Anda dilindungi dengan kunci yang berasal dari informasi unik perangkat Anda, digabungkan dengan kode sandi perangkat Anda, yang hanya Anda yang tahu” jelas Apple. "Tidak ada orang lain yang dapat mengakses atau membaca data ini.” Apple tidak punya kunci. Ada "tapi" yang serius. “Jika Anda mengaktifkan Cadangan iCloud, cadangan Anda menyertakan salinan kunci yang melindungi Pesan Anda.”

“Beberapa momen paling pribadi Anda dibagikan dengan WhatsApp,” kata WhatsApp, “itulah sebabnya kami membangun enkripsi ujung-ke-ujung ke dalam aplikasi kami — pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, dan panggilan Anda diamankan dari jatuh ke tangan yang salah. "Namun, sekali lagi, cadangan cloud membuat keamanan itu tidak valid.

Ada beberapa opsi untuk mengatasinya, tetapi mereka membuat proses peningkatan menjadi rumit. Anda dapat mencadangkan perangkat lama Anda ke Mac atau PC, dan memulihkan dari sana atau Anda juga dapat menggunakan migrasi perangkat-ke-perangkat offline iPhone, diperkenalkan tahun lalu, dan berharap itu memulihkan WhatsApp. Tapi ini bukan cara yang WhatsApp sarankan untuk mentransfer pesan ke ponsel baru, dan jika Anda menonaktifkan cadangan iCloud WhatsApp, Anda berisiko kehilangan atau perangkat lumpuh yang mengakibatkan hilangnya riwayat pesan.

WhatsApp dilaporkan memiliki beberapa perangkat yang ditautkan — dengan riwayat pesan lengkap di semua perangkat — dan cadangan terenkripsi ujung ke ujung dalam pengerjaan. Salah satu dari pembaruan tersebut akan memperbaiki masalah ini dan memberikan cara aman untuk mentransfer WhatsApp ke iPhone baru. Tapi tampaknya tidak ada yang siap tepat waktu bagi jutaan orang yang akan menerima iPhone 12 baru dalam beberapa minggu mendatang.

Penulis: Teras
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga