Sekilas Info

Gaya Hidup

Solo Traveling ke Yogya, Coba Ragam Aktivitas Seru Ini

uluhan pelajar SD Bopkri Gondolayu membatik bersama-sama untuk menyambut peringatan Hari Batik Nasional di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, (30/9). Aksi ini bertujuan untuk meneruskan kecintaan dak kebanggaan siswa terhadap kebudayaannya membatik. TEMPO/Suryo Wibowo.

Suaraindo.id- Solo traveling atau pergi berwisata sendiri bisa menjadi pilihan Anda yang ingin berwisata saat pandemi. Ahli menyebut potensi penularan Covid-19 saat solo traveling lebih rendah karena meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

Nah, salah satu lokasi wisata yang seru untuk dikunjungi oleh para solo traveler adalah Yogyakarta. Siapa yang tak setuju bahwa kota satu ini selalu membuat rindu dan menggoda pelancong untuk datang.

Berikut adalah aktivitas yang bisa dilakukan saat solo traveling di Yogya dilansir dari Indonesia Travel:

- Swafoto di Tugu Yogya

Datang sendiri bukan berarti Anda tak bisa mengabadikan momen saat wisata ke Yogya. Berswafoto do depan Tugu Yogya bisa jadi bukti Anda sudah mampir di kota itu.

Selain itu, Anda pasti tidak ingin melewatkan saksi bisu perkembangan kota Yogya sejak tiga abad yang lalu. Selain memiliki nilai historis yang sangat kuat, desain tugunya yang unik dengan bagian puncak menyerupai tanduk unicorn.

- Jalan-jalan di Malioboro

Belum lengkap pergi ke Yogya kalau belum mampir ke jalan wisata utama di Yogya ini. Lokasinya juga sangat mudah diakses

Anda bisa sekadar berjalan-jalan untuk menikmati hiruk pikuk jalan Malioboro. Bisa juga sambil belanja ragam pernak pernik khas Yogya dan mencicipi kuliner khas yang menggoyang lidah.

- Belajar di Museum Ullen Sentalu

Di museum ini Anda bisa melihat peninggalan sejarah daru kerajaan Mataram yang berjaya di masa lalu. Letaknya ada di Lereng Gunung Merapi.
Selain dapat belajar dan menggali lebih dalam mengenai sejarah, Anda dapat berkesempatan untuk melihat keunikan arsitektur museum yang menyatu dengan alam.

- Masangin di Alun-alun Kidul

Lokasi ini terkenal dengan dua buah pohon beringin besar yang tumbuh di sana. Wisatawan yang datang ke sana biasanya ingin mencoba ritual masangin.

Masangin adalah kegiatan berjalan melewati dua pohon beringin yang berada di tengah Alun-Alun dengan mata tertutup. Mitosnya, yang bisa menaklukan tantangan tersebut hanyalah mereka yang memiliki niat baik dan hati bersih. Jangan lupa juga cicipi makanan-makanan khas di sini.

- Mencicip Gudeg di Wijilan

Tak lengkap Anda ke Yogya tapi belum mencicipi makanan khasnya, yaitu gudeg. Salah satu sentra gudeg yang terkenal dan legendaris adalah Sentra Gudeg Wijilan. Selain menikmati hidangannya secara langsung, Anda dapat membawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

- Menikmati Matahari Terbenam di Ratu Boko

Salah satu bangunan situs purbakala bernilai sejarah tinggi di Sleman adalah situs Ratu Boko. Selain dapat menikmati keindahan arsitektur yang menawan, Anda dapat duduk sambil menikmati pemandangan alam yang asri, termasuk momen matahari terbenam yang sayang untuk dilewatkan oleh jepretan kamera. Pastikan hari tersebut cerah dan Anda sudah berada di tempat sebelum jam 16.00, ya!

- Main ke Pantai Gunung Kidul

Anda tentu tidak ingin melewatkan mampir ke pantai indah di Yogya ini. Berlokasi di pesisir selatan Pulau Jawa membuat Yogyakarta kaya akan koleksi pantai yang indah, salah satunya di daerah Gunung Kidul.

Daerah ini diisi dengan deretan pantai yang memukau yang saling berdekatan satu sama lain. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan, melakukan aktivitas snorkeling, menjajal gondola, hingga menikmati santapan makanan laut yang menggugah selera.

- Napak tilas di Keraton Yogya

Salah satu spot bersejarah ini selalu menjadi favorit wisatawan yang datang ke Yogya. Istana yang dihuni oleh keturunan raja-raja Yogyakarta ini memiliki perjalanan sejarah yang panjang.

Ada banyak barang-barang pusaka yang tersimpan apik di dalamnya. Bahkan, Keraton Yogyakarta ini didaulat sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

- Berburu Foto di Hutan Pinus Mangunan

Selain wisata sejarah, Yogya punya wisata alam yang patut dikunjungi. Salah satunya hutan pinus Mangunan. Lokasi ini mulai terkenal setelah banyak wisatawan yang mengunggah keindahannya di media sosial. Pepohonan yang menjulang tinggi, udara yang sejuk, pemandangan yang memesona, serta spot-spot foto instagramable membuat banyak pengunjung kepincut untuk berkunjung.

- Belanja Murah di Pasar Beringharjo

Berwisata tanpa membawa buah tangan rasanya kurang afdhol. Nah, di pasar ini Anda bisa berburu beragam barang-barang khas   , utamanya batik. Jangan khawatir, di sini batik ditawarkan dengan harga yang bersahabat di kantong.

Penulis: Teras
Editor: Heny

Baca Juga