Sekilas Info

Gaya Hidup

5 Tips Staycation Aman dan Nyaman Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi liburan (Pixabay.com)

Suaraindo.id- Libur Natal dan tahun baru sudah semakin dekat. Terlebih di akhir tahun ini, masyarakat akan menikmati libur panjang sebagai pengganti libur Lebaran yang belum terwujud pada Hari Raya Idul Fitri di awal pandemi Covid-19 lalu.

Sebelum merencanakan aktivitas selama libur Natal dan Tahun Baru nanti, ada baiknya kamu menyimak apa saja yang harus dipersiapkan. Tujuannya, liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangan. Jangan lupa, kita masih menghadapi pandemi Covid-19.

Digital Travel and Entertainment Senior Lead Tokopedia, Stefanus Abdipranoto mengatakan staycation bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2021. "Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, staycation dapat dilakukan dengan aman bersama seluruh anggota keluarga," kata Abdipranoto dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat 20 November 2020.

Ketika hendak staycation, kamu juga perlu mempersiapkan diri. Tidak bisa ujug-ujug datang ke tempat staycation dan meminta pelayanan maksimal. Corporate Medical Advisor Tokopedia, dokter Johny Sulistio mengatakan dalam merencanakan staycation, sebaiknya masyarakat memastikan hasil tes swab PCR atau rapid test terbukti negatif maksimal lima hari sebelum hari perjalanan.

"Jika menggunakan kendaaraan umum, pilih moda transportasi yang sudah menerapkan protokol kesehatan, yakni physical distancing 50 persen dari total kapasitas," katanya. Juga pilih tempat duduk dekat jendela agar bisa mendapatkan ventilasi maksimal dan terhindar dari lalu lalang orang.

Berikut beberapa tips liburan tetap aman, nyaman dan sesuai protokol kesehatan.

  1. Pastikan tubuh sehat
    Periksa kesehatan sebelum berlibur. Jika kondisi fisik bermasalah, sebaiknya tunda rencana liburan. "Sebaiknya pastikan diri sudah terlindungi dari penyakit sistem saluran pernapasan, seperti dengan melakukan vaksinasi flu dan pneumococcus," kata dokter Johny Sulistio.
  2. Cari informasi layanan dan fasilitas penunjang kesehatan
    Sebelum memilih tempat staycation, pastikan lokasinya tetaap terjangkau layanan kesehatan. Riset dulu lokasi staycation dengan mempertimbangkan jaraknya dari keramaian.
  3. Terapkan protokol kesehatan
    Wajib menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak. "Siapkan bekal masker dan hand sanitizer secukupnya. Masker sebaiknya diganti setiap delapan jam agar lebih aman," ucap dokter Johny.

    1. Hindari kerumunan
      Menginap di hotel atau akomodasi lain bukan berarti kamu bisa benar-benar berjarak dari orang lain. Justru saat menginap di hotel atau properti lain, kamu bakal bersinggungan dengan orang yang sama sekali tidak kamu ketahui betul aapa saja aktivitas mereka. Dengan begitu, tetap jaga jarak dengan orang lain di tempat umum, seperti lobi atau lift setidaknya sejauh 1 sampai 2 meter.
    2. Perhatikan Zona Covid-19
      Sebaiknya tidak memilih tempat staycation yang berada dalam zona Covid-19 merah apalagi hitam. Informasi zonasi bisa menjadi panduan sebelum memilih tempat staycation. Disarankan memilih tempat staycation di wilayah dengan zona hijau atau kuning.

    Dokter Johny mengingatkan agar tetap waspada ketika tiba di tempat staycation. "Sadar diri, bahwa kita mungkin sudah sempat tertular di perjalanan. Sebab itu, selalu memakai masker selama 5 hari sejak kedatangan, agar tidak menulari orang-orang di sekitar kita," katanya.

Penulis: Teras
Editor: Heny

Baca Juga