Sekilas Info

Sengketa Pilkada

Ini Hasil Final Penghitungan Suara Ulang Pilkada Sekadau

Penandatangan berita acara rapat pleno penghitungan ulang suara tingkat kabupaten pada Pilkada Sekadau

Suaraindo.id---Usai melakukan rekapitulasi penghitungan suara ulang ditingkatkan Kecamatan, KPU Kabupaten Sekadau melakukan penghitungan tingkat Kabupaten, Kamis (15/4/2021) sore.

Pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten tersebut dihadiri oleh lima anggota KPU Sekadau, Bawaslu Sekadau, supervisi dari KPU RI dan KPU Kalbar, Bawaslu dan saksi paslon nomor urut 01. Namun tak dihadiri oleh saksi pasangan calon nomor urut 02, dikarenakan saksi pasangan calon nomor urut 02 memilih untuk walk out pada saat rekapitulasi penghitungan suara ulang tingkat Kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Sekadau Drianus Saban mengatakan rekapitulasi tersebut sesuai perintah Mahkamah Konstitusi nomor 12 / PHP-BUP / XIX / 2021, surat dinas dari KPU RI nomor 272/PY.02.1-SD/06/KPU/III/2021, serta SK Tahapan penghitungan suara ulang nomor 7/PL.02-Kpt/6109/KPU-Kab/III/2021.

“Rekapitulasi sudah kita mulai dari TPS, Desa, Kecamatan. Pada saat sekarang kita akan mulai rekap tingkat Kabupaten. Dan akan segera disampaikan kepada saksi pasangan calon," kata Saban.

Saban juga menjelaskan pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten tersebut Prinsip regulasi sudah penuhi

"Atas dasar inilah kami mulai tahapan yang berjenjang, dan pada saat ini kita merekap di tingkat Kabupaten," jelas Saban.

Berdasarkan hasil dari rekapitulasi tingkat Kabupaten Sekadau, pasangan calon Bupati nomor urut 01 Aron Subandrio (PAS) memperoleh suara sebanyak 57.948 suara.

Sementara pasangan calon Bupati nomor urut 02 Rupinus Aloysius (RA) memperoleh suara sebanyak 56.428 suara.

Total suara sah sebanyak 114.376 dan suara tidak sah sebanyak 2.981.

Sehingga, jumlah keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 117.357.

Dengan demikian, paslon nomor urut 01 Aron-Subandrio unggul dengan selisih sebanyak 1.520 suara dari paslon nomor urut 02 Rupinus-Aloysius.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Redaksi

Baca Juga