Ole! Koki Spanyol Puji Paella Buatan Robot

  • Bagikan
Robot yang dibuat oleh perusahaan Spanyol BR5 dan Mimcook memasak paella selama demonstrasi di sebuah gudang di San Fernando de Henares, di luar Madrid, Spanyol, 20 Mei 2021. (Foto: REUTERS/Susana Vera)

Suaraindo.id–Bisakah robot memasak paella selezat yang dibuat oleh koki Spanyol? Bisa, menurut master chef yang mencobanya.

Perusahaan Spanyol, BR5, telah mengembangkan robot yang dapat memasak salah satu masakan nasional Spanyol paling terkenal di dunia. Produk ini telah menarik minat banyak jaringan hotel dan resor di luar Spanyol.

“Tentu saja hidangan nasi rumahan yang disajikan pada Minggu akan selalu terasa berbeda … Kami tidak bertujuan untuk mencapai itu. Tujuan kami adalah berkeliling dunia dan bisa makan nasi yang sama dengan yang kami makan di negara kami, di negara yang berbeda,” kata pendiri BR5, Enrique Lillo, kepada Reuters.

Paella adalah makanan khas Spanyol berbahan dasar nasi dengan berbagai lauk, seperti udang, ikan, atau daging ayam.

Lillo mengatakan beberapa taman hiburan dan resor di Jepang sudah memiliki robot paella sendiri.

Namun, temuan itu juga bisa menyenangkan penduduk setempat.

“Menurut saya, ini alat yang luar biasa, dan ‘Ole!’ untuk para pengembang karena saya menyukainya,” kata Maria Munoz, koki paella dan direktur sekolah gastronomi “Cocinea” setelah mencoba paella buatan robot.

Robot tersebut terdiri dari kompor elektronik dan lengan robotik yang meletakkan bahan-bahan yang ditumis di atas panci paella, menambahkan nasi, lalu mengaduknya dengan sendok berlubang, lalu menuangkan kaldu ikan.

Semua bahan harus disiapkan terlebih dahulu dan sudah diukur untuk satu porsi paella. Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam panci, robot akan terus mengaduk dan mengocok hingga matang.

Munoz berkata ini akan sangat berguna untuk restoran karena membantu paella dalam porsi yang lebih banyak sekaligus. [na/ft]

  • Bagikan