Walikota Singkawang Targetkan 10 Besar sebagai Kota Innovative 2021

  • Bagikan

Suaraindo.id – Pemerintah Kota Singkawang meraih predikat sebagai “Kota Sangat Inovatif” dalam Penghargaan Pemerintah yang Inovatif (Innovative Governmet Award) yang digelar oleh Kemendagri Bidang Litbang pada tahun 2020, Kota Singkawang meraih di peringkat 40 dari 93 Kota Se-Indonesia pada tahun 2021 ini, Walikota Singkawang akan menargetkan Singkawang masuk di 10 besar sebagai “Kota Sangat Inovasi”.

Hal ini disampaikan Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE.MH, setelah dilaksanakan Exspos secara virtual ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Lurah se-Kota Singkawang yang ikut, kegiatan tersebut di Kantor Walikota Singkawang di Ruang Aula TCM Center, pada (14/07/2021) yang lalu.

Menurut Ir. Yusnita Fitriadi Kepala BAPPEDA Kota Singkawang, hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Walikota Singkawang sesuai dengan regulasi inovasi daerah Kota Singkawang dengan Peraturan Walikota Singkawang Nomer 46 tahun 2021 Tentang Inovasi Daerah.

Sesuai dengan pasal 24, ayat (1) setiap perangkat daerah wajib menyampaikan 1(satu) inovasi atau lebih inisiatif inovasi daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya setiap tahun anggaran, dan di ayat (3).juga mengatur bahwa penyampaian inisiatif inovasi Daerah oleh Perangkat Daerah menjadi salah satu kriteria penilaian Kinerja kepada perangkat Daerah.

Supardiyana Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan Daerah (Litbang) Bappeda Kota Singkawang, saat Tim Suaraindo.id menemuinya di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Kota Singkawang, terkait hal dengan persiapan pelaporan Inovasi Daerah Kota Singkawang dalam Innovative Government Award (IGA) tahun 2021.

Supardiyana mengatakan, bahwa setelah dilaksanakan exspos dari Bappeda ke Walikota Singkawang dan yang mengikuti dari seluruh OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Singkawang di Ruang Aula TCM Center, sesuai arahan Walikota Singkawang, setiap OPD, Camat, dan Lurah yang ada wajib untuk melaporkan inovasinya paling sedikit 3 inovasi daerah ke Bappeda ke bidang Litbang dan akan disampaikan ke Mendagri.

“Baik, setelah kami melaksanakan pertemuan exspos bersama Walikota Singkawang, dan di ikuti seluruh OPD, Camat, dan Lurah Se-Kota Singkawang pada 14 Juli yang lalu, maka dari arahan Walikota Singkawang setiap OPD yang ada wajib melaporkan inovasinya masing-masing minimal 3 inovasi,”paparnya.

Masih Supardiyana, “ Maka setiap laporan inovasi yang disampaikan, akan dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri RI (Mendagri) melalui Bappeda Bidang Litbang,” Ujarnya.

Supardiyana menjelaskan, bahwa setiap inovasi yang disampaikan ke Bappeda melalui bidang Litbang harus dengan data pendukung sebagai laporan dan harus berkualitas.

“Yang mana inovasi yang di laporkan harus disertai dengan data pendukung, sehingga laporan inovasi tersebut akan berkualitas dan akan mendapatkan poin yang tinggi,” jelasnya.

Ia mengatakan, pada tanggal 19 Juli sampai 22 Juli 2021 Kepala Bappeda melalui Bidang Litbang melakukan kegiatan pertemuan bersama seluruh OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Singkawang untuk membahas persiapan dan pengisian indikator IGA, tujuan tersebut untuk mempertahankan Kota Singkawang sebagai Kota Sangat Inovatif. Bahkan Walikota Singkawang akan berupaya menargetkan Kota Singkawang masuk 10 besar kategori (Kota Sangat Inovasi).

“Untuk mewujudkan harapan ini, maka Bappeda melalui bidang litbang melakukan pendampingan pengisian indikator, inovasi daerah pada seluruh perangkat daerah, dan camat sekota Singkawang yang ada dan dilaksanakan di Aula Bappeda Kota Singkawang sejak 19 Juli sampai 22 juli 2021,” ujarnya.

Supardiyana, lanjutnya, “Untuk tahun 2021 ini, Walikota Singkawang menargetkan Kota Singkawang masuk di peringkat 10 besar, dan untuk tujuan mempertahankan kota Singkawang sebagai “Kota Sangat Inovatif” akan tercapai,” imbuhnya.

Untuk itu, ia berharap seluruh OPD, camat, dan Lurah agar bisa kooperatif dan bersama-sama untuk mewujudkan Kota Singkawang yang inovatif.

“Tentunya Walikota bersama Bappeda melalui Bidang Litbang berharap, kerjasama dari seluruh unsur OPD, Camat, dan Lurah yang ada, agar mewujudkan Kota Singkawang sebagai Kota Inovatif dalam penghargaan IGA (Innovative Governmet Award) 2021 ini,”tutupnya.

  • Bagikan