Semester Satu Daop 6 Yogyakarta Layani Total 3,5 Juta Penumpang, Tumbuh 8 Persen dari Periode Tahun Sebelumnya

  • Bagikan
Lonjakan penumpang di Stasiun Kereta Api Yogyakarta. (Suaraindo.Id/RifkhiWirawan)

Suaraindo.id – Selama periode Semester I 2025 (Januari-Juni), KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatat telah melayani sebanyak 3.533.664 penumpang. Angka tersebut tumbuh 8% persen dibanding periode semester I tahun 2024 yang mencatat sebanyak 3.268.806 pelanggan.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih menyampaikan bahwa angka tersebut merupakan total gabungan dari volume penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang dilayani di Daop 6 Yogyakarta. Rinciannya terdiri dari sebanyak 3.214.621 penumpang KA Jarak Jauh dan sebanyak 319.043 penumpang KA Lokal.

“Jumlah pelanggan KA jarak jauh Daop 6 Yogyakarta pada semester 1 Tahun 2025 tumbuh 3% dari periode yang sama di tahun sebelumnya yang mengangkut sebanyak 3.122.422 penumpang. Sedangkan untuk KA Lokal, kinerja semester 1 Tahun 2025 ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan yakni 118% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dimana mengangkut sebanyak 146.384 penumpang,” ujar Feni, Selasa (15/7/2025).

Lebih lanjut Feni menambahkan, peningkatan kinerja angkutan penumpang Daop 6 Yogyakarta pada Semester I 2025 ini menunjukkan bahwa moda transportasi kereta api masih menjadi andalan masyarakat dalam bepergian baik antarkota maupun dalam perkotaan. Berbagai faktor yang mendukung capaian ini antara lain Daop 6 Yogyakarta telah menyiapkan pelayanan yang optimal dan para petugas yang andal agar perjalanan selalu dalam keadaan nyaman, aman, dan selamat. Selain itu, sarana yang andal dan nyaman serta ketepatan waktu juga menjadi nilai unggul yang mendukung pencapaian kinerja angkutan penumpang Daop 6.

Tren pertumbuhan ini turut diperkuat oleh penggunaan inovasi digital seperti sistem boarding face recognition (FR), fitur carbon footprint di aplikasi Access by KAI, peningkatan prasarana dan fasilitas layanan, serta pelayanan berbagai loyalty program yang telah dilaksanakan.

Pada semester 1 Tahun 2025, berbagai tematik dan loyalty program telah dihadirkan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan dan unik kepada penumpang. Pasa periode Angkutan Lebaran misalnya, Daop 6 Yogyakarta menghadirkan tematik Ramadan berupa kubah masjid di Stasiun Yogyakarta yang menarik banyak perhatian para pemudik. Kemudian pada momen liburan sekolah, Daop 6 berkolaborasi dengan EKRAF dan Visinema Studio menghadirkan balon raksasa salah satu karakter dari Film Jumbo di Stasiun Yogyakarta yang merupakan film Indonesia terlaris selama masa liburan sekolah berlangsung.

Selain itu, KAI Daop 6 telah mengadakan kegiatan-kegiatan Loyalty Program seperti pembagian 750 cup kopi gratis, kids activity “Shooliday”, dan kegiatan sapa pelanggan di berbagai momen hari besar lainnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas,” ungkap Feni.

KAI Daop 6 akan terus mengakselerasi transformasi layanan yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan, mempertahankan bahkan meningkatkan keunggulan operasional dan tentunya menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Penulis: Rifkhi WirawanEditor: Mila
  • Bagikan