Mahasiswa UNP Ciptakan Robot Antisipasi Corona

  • Bagikan

Suaraindo.id- Bermodal uang Rp11 juta rupiah, mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Robotika dan Otomasi Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UKRO KM UNP) ciptakan Robot Anti Corona (Robana). Robana diciptakan atas keprihatinan tingginya angka positif COVID-19 di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar).

Dari pantauan saat pengujian di Gedung Rektorat UNP, Robana berhasil mendeteksi peraga yang menggunakan masker, dan langsung memerintahkan untuk melakukan cek suhu badan dengan tangan, peraga yang menggunakan masker dan suhunya dibawah 37 derajat celcius, langsung diperintahkan masuk dengan mengangkat portal disebelah kanan peraga.

Sebaliknya, jika peraga tidak menggunakan masker, robot juga langsung memerintahkan untuk tidak boleh masuk gedung dan portal tidak akan terangkat.

Wakil Ketua Bidang Teknis UKRO KM UNP Endri Mulyadi mengatakan, ide pembuatan Robana ini hadir dalam masa pandemi COVID-19. Bahwasanya Kota Padang merupakan daerah yang kritis akan paparan COVID-19.

“Kemudian kami mengajukan proposal ke pihak Rektorat UNP untuk pembuatan Robana. Alhamdulillah pihak Rektorat UNP menyetujuinya,” katanya saat pengujian Robana.

Endri menambahkan, dalam proses pembuatan Robana ini, melibatkan bidang yakni, desain, perangkai, program. “Desain bagaimana bentuk rancangan robot ini, rangkaian itu seperti pengkabelan dan sensor dan program untuk pengoperasian atau controllernya,” ujarnya.

Endri menyebutkan, ada 10 mahasiswa yang terlibat dalam penciptaan Robana ini dengan memakan waktu sebulan, dengan beberapa komponen seperti kamera dan monitor.

Wakil Rektor III UNP Hendra Syarifuddin mengatakan, Robana ini masih dalam tahap pengembangan karena peralatannya masih sederhana. Kedepannya akan terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya.

“Ini baru tahap awal. Sekarang UKRO KM UNP sedang mengajukan proposal untuk penyempurnaannya. Insyaallah akan perbanyak untuk dipasang di setiap gedung” katanya.

Pembina Otomasi UKRO KM UNP Risfendra menambahkan, pihaknya akan meningkatkan lagi update program Robana ini. “Secara prinsip Robana sudah berjalan, meski terus akan disempurnakan,” kata dia.(AW)

  • Bagikan