Koni Lotim Lepas 10 Atlet Andalan Ikuti PON XX Papua

  • Bagikan

SuaraIndo.id—- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lombok Timur melepas 10 atlet andalan, satu wasit dan satu pelatih pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, yang berlangsung di Papua.

Pelepasan atlet berlangsung di Pendopo Bupati, oleh Ketua Koni didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Timur, Sabtu 11 September 2021.

Ketua Koni Lotim Makbul Maya mengatakan, pada PON XX di Papua, Koni Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirim 105 atlet. Dari jumlah tersebut, 10 atlet asal Lombok Timur, ikut bersaing pada tujuh Cabang Olahraga (Cabor).

“Ada pelatih dan wasit kita juga dikirim pada ajang bergengsi tersebut,” lanjut Makbul Maya, Sabtu 11 September 2021.

Jumlah atlet yang dikirim berdasarkan hasil Rapat Koordinasi bersama Koni NTB. Sebelumnya, sebelas asal Lotim di pastikan mengikuti PON XX, namun karena salah satu atlet dari Cabor Panjat Tebing cidera, sehingga dibatalkan satu orang menjadi 10 atlet. Ke-10 atlet ini merupakan Hasil evaluasi Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Gemilang NTB.

Makbul Maya berharap, atlet Lombok Timur bisa menyumbang medali emas pada PON XX di Papua, dari target yang telah ditentukan oleh Koni NTB sebanyak 17 medali emas. Meski demikian, kalau persoalan target peraihan medali, Lotim mengikuti Koni NTB. Namun, Lotim andalkan atlet Cabor Renang sebagai penyumbang medali emas.

Selain itu, Koni Lombok Timur merupakan Kabupaten Ketiga terbanyak mengirim atlet pada PON XX di Papua. Diantaranya, Kota Mataram sebanyak 38 atlet, Dompu 14 atlet, Lombok Timur 10 Atlet. Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Lombok Tengah masing masing 9 atlet. Sementara Kabupaten Sumbawa Besar 8 Atlet. Untuk Kabupaten Bima 4 atlet, Lombok Barat dan Lombok Utara masing masing 2 atlet.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur Izuddin mememinta kepada atlet, agar menjaga nama baik Lombok Timur. Fokus bersaing pada PON XX, sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi Daerah.

Izzudin mebambahkan, Pemerintah Daerah juga telah berkomitmen akan memberikan hadiah atau bonus kepada pelatih dan atlet yang neraih medali. “Namun, kita harapkan semua atlet fokus bertanding, tidak perlu memikirkan bonus. Insya Allah, ada,” ujar Izuddin, saat memberikan sambutan pada pelepasan Atlet, Sabtu 11 September 2021.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menyerahkan uang saku kepada atlet masing masing Rp3.5 juta.

Penulis: NanangEditor: Redaksi
  • Bagikan