Sebanyak 23 Desa Gelar Pilkades Serentak di Sanggau, Ini Jadwalnya

  • Bagikan
ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau Alian.

Suaraindo.id– Sebanyak 23 desa akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Sanggau pada 20 Mei 2022.

“Pelaksanaan Pilkades serentak di Sanggau tahun 2022, saat ini sudah memasuki tahap kedua dalam ketentuan pelaksanaan Pilkades,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau Alian.

Ia menjelaskan hari ini akan dilakukan penyampaian visi dan misi Cakades kepada audien atau masyarakat di masing-masing desa yang pelaksanaannya selama tiga hari, dari tanggal 12 sampai 14 Mei 2022,” katanya.

Dia mengatakan yaitu tahapan masa tenang yang dilaksanakan pada 17 sampai 19 Mei 2022, masa tenang sebagaimana dimaksud yakni para Cakades dilarang melakukan lagi aktivitas sosialisasi diri kepada masyarakat atau disebut tidak boleh melakukan aktivitas yang bersifat mempengaruhi orang lain dalam rangkaian pelaksanaan pilkades tersebut.

“Setelah masa tenang pelaksanaan Pilkades yaitu pemilihan dan pemungutan suara dilakukan pada 20 Mei 2022,”jelasnya.

Alian berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di 23 Desa di Sanggau dapat berjalan lancar, aman dan damai. Dirinya meminta kepada seluruh aparatur desa, BPD, lembaga desa yang ada di tingkat desa.

Panitia Pilkades di tingkat desa, para Cakades dan seluruh lapisan masyarakat di desa agar dapat menjaga dan menjamin keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilihan dan pemungutan suara pada pelaksanaan Pilkades 20 Mei 2022 mendatang.

“Sehingga nuansa pesta demokrasi desa yang menjadi kewenangan desa berskala desa seperti Pilkades ini Betul-betul mencitrakan pesta demokrasi yang baik dan benar,” jelasnya.

  • Bagikan