Suaraindo.id – Pertamina Group resmi menutup Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri 2025 dengan hasil yang menggembirakan. VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan bahwa Satgas Ramadan dan Idulfitri berjalan dengan lancar dan aman, berkat kerja keras seluruh pihak yang terlibat, baik di sektor operasional migas, logistik, maupun pelayanan publik.
Dalam kesempatan tersebut, Fadjar juga mengungkapkan bahwa masing-masing subholding Pertamina berhasil menjaga kinerja dan operasionalnya dengan sangat baik selama periode tersebut.
Dari subholding upstream, yang dikelola oleh Pertamina Hulu Energi, produksi dan lifting migas domestik berhasil dijaga dalam kondisi optimal. Pertamina berhasil mempertahankan produksi minyak rata-rata sebanyak 400 ribu barel per hari dan produksi gas sebanyak 2.500 MMSCFD.
“Kinerja operasional di sektor hulu migas sangat optimal, kami berhasil menjaga produksi dan lifting migas domestik dengan stabil. Ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim di lapangan,” kata Fadjar Djoko Santoso.
Di sektor refinery and petrochemical, Kilang Pertamina Internasional mampu menjaga stok minyak mentah dalam kondisi aman dan memastikan kapasitas pengolahan kilang sesuai dengan target. Kilang Pertamina berhasil mengolah 1,1 juta barel per hari, dengan operasional kilang yang optimal mencapai 930.000 barel per hari.
“Kilang Pertamina tetap beroperasi secara maksimal dengan menjaga stok minyak dan kapasitas pengolahan yang telah ditargetkan. Ini juga berperan penting dalam memastikan ketersediaan energi yang cukup selama periode libur panjang,” lanjut Fadjar.
Dari sektor integrated marine logistics, yang dikelola oleh Pertamina International Shipping, selama periode Satgas Ramadan dan Idulfitri, sebanyak 341 kapal tanker telah dioperasikan. Dengan total 300 rute domestik dan 41 rute internasional, terjadi peningkatan signifikan dalam shipment domestik sebesar 14,8% dibandingkan bulan Februari 2025.
“Peningkatan pengiriman domestik ini menunjukkan bahwa sistem logistik Pertamina berjalan dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan energi di seluruh wilayah Indonesia, bahkan saat permintaan meningkat selama liburan,” ujar Fadjar.
Di sisi lain, aplikasi My Pertamina juga mendapat respons positif dari masyarakat. Sebanyak 1.657 pengguna baru telah mengunduh aplikasi ini, yang memberikan kemudahan dalam berbagai layanan, mulai dari pengisian BBM hingga akses ke fasilitas lainnya.
Fasilitas yang paling banyak diminati pengunjung adalah kursi pijat (16,5%), barbershop (14,7%), serta snack dan kopi gratis (13,6%). Fasilitas seperti sofa istirahat (12,3%) dan layanan kesehatan (10%) juga menjadi pilihan favorit bagi para pengunjung SPBU yang menggunakan aplikasi My Pertamina.
Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, tidak hanya dalam sektor energi, tetapi juga dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang memanfaatkan fasilitas dan layanan yang ada.
“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik dalam menyediakan energi yang handal maupun dalam memberikan fasilitas yang mendukung kenyamanan dan kesehatan pelanggan,” tutup Fadjar.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS