KPU Sekadau Apel Gerakan Coklit Serentak Pilkada 2020

  • Bagikan
Suasana Apel Gerakan Coklik Serentak Pilkada 2020 di Sekadau (Suaraindo.id/Yanti).

Suaraindo.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar apel Gerakan Coklit Serentak (GCS) dalam rangka pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sekadau 2020 di aula kantor KPU, Sabtu(18/7/2020) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU kabupaten Sekadau Drianus Saban dihadiri para komisioner KPU, Bawaslu, PPK, PPS, dan PPDP.

Dalam pidatonya, Saban menyampaikan salah satu prinsip dan prasyarat untuk terselenggaranya Pemilihan yang Demokratis adalah warga Negara terdaftar sebagai pemilih tanpa diskriminasi dalam arti luas.

“Jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data pemilih (dirinya) apabila terdapat kekeliruan atau perubahan pada elemen data,”kata Saban.

Oleh sebab itu tahapan Pemutakhiran Data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan kepala daerah.

Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan data pemilih menentukan jumlah TPS, alokasi logisik, pola sosialisasi
pemilihan, kampanye, rekapitulasi hasil suara dan lain sebagainya.

Jika hasil pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan pemilihan selanjut akan terganggu.

“Bekerja ditengah pandemi covid-19 memang tidaklah mudah. Kita harus menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta menjaga pemilih yang akan kita datangi demi menimalisir penyebaran covid-19 ini,” katanya.

Oleh karena itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau berusaha semaksimal mungkin untuk menyesuaikan setiap tahapan dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19
untuk melindungi semua lapisan masyarakat yang terlibat dalam pemilihan tersebut. “Guna memastikan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih tersusun dengan baik,” sambung dia.

Coklit oleh PPDP harus mengedepankan integritas sebagai penyelenggara pemilihan dan untuk pelaksanaan Coklit harus memenuhi 7 prinsip untuk menghasilkan DPT yang dipercaya dan melindungi hak pilih warga Negara
Tujuh prinsip tersebut antara lain akurasi, komprehensif, mutahir, inklusif, transparan, responsif dan partisipatif dengan kerja coklit yang cermat, tertib, efektif, dan akuntabel sehingga meningkatkan kualitas
daftar pemilih menjadi semakin baik.

Penyelenggaraan pemilihan berpedoman pada prinsip mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas akuntabiltas, efesiensi, efektivitas dan aksesbilitas.

“Selamat bekerja kepada 524 PPDP di Kabupaten Sekadau dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Tahun 2020. Semoga Tuhan yang Maha Esa memudahkan bagi kita semua dalam menjalankan tugas serta senantiasa memberi kesehatan, keselamatan dan memudahkan bagi kita semua dalam menjalankan tugas,”ucapnya.

  • Bagikan