Sekilas Info

Perkebunan

Hadiri Chipping Perdana, Aloysius: Peremajaan Sawit harus Cermat

Seorang nakes (tenaga kesehatan) melakukan tes antibodi Covid-19 di sebuah kantor di Bali, Jumat, 11 September 2020. (AP Photo / Firdia Lisnawati)

Suaraindo.id - Wakil Bupati Aloysius menghadiri acara Chipping perdana perkebunan sawit di KUD Sumber Karya Dusun Suak Terentang, Desa Engkersik, Selasa siang (15/9/2020).

Aloysius mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan peremajaan kelapa sawit harus dilaksanakan dengan cermat.

"Pada tahapan kegiatan peremanjaan kelapa sawit salah satunya perlu melakukan Land clearing. Namun jika dilakukan dengan tidak cermat kegiatan tersebut justru dapat mengakibatkan kerugian jangka panjang, saya paham soal ini karena 8 tahun saya bekerja sebagai petani lepas di perusahaan sawit," ujar Aloysius.

Aloysius mengatakan bahwa kelapa sawit menjadi komoditas utama perekonomian di kalimantan Barat, termasuk Sekadau sehingga harus dikembangkan.

"PSR adalah upaya pemerintah mengembangkan perkebunan sawit rakyat dengan oenggantian tanaman tua atau tak produktif dengan tnaman baru sesuai prinsip tata kelola kebun yang harus baik,"jelas Aloysius.

Sementara itu, Kadis Perkebunan, Pangan dan Perikanan, Sandae menatakan, pada tahun 2019 target Kabupaten Sekadau untuk PSR seluas 1.084 hektar dengan realisasi 493,63 hektar termasuk salah satunya untuk KUD Sumber Karya seluas 115,78 hektar. Sumber dana dari BPDPKS sebesar 25 jt per hektar, tahun ini meningkat menjadi 30 jt per hektar.

"Tahun 2020 Kabupaten Sekadau mendapatkan alokasi 4.000 hektar, terbesar dari kabupaten/kota lainnya di Kalbar," jelasnya.

Florencius Sumardi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Sekadau atas dukungannya terhadap program Tumbang Chipping Perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di KUD Sumber Karya Dusun Suak Terentang. Menurutnya proses Replanting sudah layak dilakukan mengingat usia tanam Sawit yang sudah cukup tua dan layak dilakukan peremajaan.

"Semoga program PSR ini dapat berjalan dengan maksimal, artinya dengan adanya replanting ini tentu menjadi harapan semua pihak," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 1 Pendi, Asisten 2 Paulus Yohanes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Perkebunan Sandae, Dinas PUPR, Kepala Pol PP Simon Yapet, Anggota DPRD Sekadau Fraksi Hanura Abun Tono, dari Fraksi PDIP Y. Sabas, Pimpinan PT Multi Prima Entakai (MPE), Danramil Sekadau Hilir L. Simare Mare, Kepala Desa Engkersik Florencius Sumardi, Kades Tapang Semadak Theresia Yusmini dan tokoh masyarakat Dusun Suak Terentang Desa Engkersik.

Penulis: Adi Fuadi
Editor: Redaksi

Baca Juga