Sekilas Info

Covid-19

Masa Pandemi, Bandara Internasional Minangkabau Tingkatkan Keselamatan dan keamanan Penumpang

Suaraindo.id- PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan bagi masyarakat yang menggunakan transportasi udara.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Padang, Agus Subagyo mengatakan, keselamatan dan keamanan untuk penumpang terus ditingkatkan di tengah situasi wabah pandemi covid-19 pada saat ini. Hal itu, dilakukan sebagai bentuk pencanangan Safety and Healthy Campaign yang digagas oleh Kementerian Perhubungan.

"Tidak hanya keamanan dan keselamatan, di Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada Kamis, 17 Kamis 2020 kami menerapkan prinsip 3M ," kata Agus di Padang Pariaman, Sumbar, Jumat 18 September 2020.

Menurut Agus, prinsip 3M yang dimaksud adalah menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak antar penumpang dan setiap orang yang berada di bandara. Pihaknya bahkan tidak segan memberi hukuman kepada pengunjung bandara yang tidak bisa mematuhi aturan yang telah diterapkan seperti sanksi sosial.

"Unsur kesehatan menjadi prioritas dari segala aspek penerbangan. Naik pesawat harus memenuhi protokol kesehatan dan sudah kami lakukan, sekarang tinggal peran serta masyarakat di dalamnya" Ucap Agus.

Selain faktor keamanan, Executive General Manager PT AP II (Persero) BIM, Yos Suwagiyono berencana bahwa pihaknya tengah mengembangkan konsep komunikasi tanpa bertemu dan pembayaran non tunai yang diterapkan untuk seluruh pelayanan bandara.

"Pembaharuan ini terus dilakukan, yang ada saat ini terus dikembangkan dan dilakukan sebagai langkah mengantisipasi keramaian. Selain bisa beli tiket secara online, saat ini bisa juga check in secara online. (Aw)

Penulis: Awen
Editor: Yusman

Baca Juga