Cegah Karhutla Lurah Pamilang Akan Bentuk Tim Relawan

  • Bagikan

Suaraindo.id- Dalam rangka mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dimusim kemarau, Lurah Pamilang Franhalidius, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat, menghimbau masyarakat khususnya di Kelurahan Pamilang untuk lebih waspada menghadapi musim kemarau, terutama yang memiliki lahan, kebun dan kawasan hutan.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalbar, BMKG melaporkan, untuk waspada potensi terjadinya Karhutla dan potensi cuaca ekstrem pada tanggal 3 Maret sampai dengan 9 Maret 2021.

Luhan Pamilang Franhalidius mengatakan himbauan kepada masyarakat hingga sekarang terus dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya karhutla di wilayah Pamilang.

“Untuk sosialisasi belum. Tapi himbauan dari 3 pilar di Kelurahan Pamilang selalu kita sampaikan kepada masyarakat terkait pencegahan karhutla,” ujar lurah Pamilang Jum’at (05/3/2021).

Franhalidius menambahkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya juga akan membentuk tim relawan siaga karhutla serta persiapan alat di wilayah Pamilang

“Peralatan kelurahan sudah siaga, 1 unit kendaraan damkar roda tiga dengan mesin penyemprot air. Untuk tindak awal apabila karhutla besar dan luas akan melakukan dengan tim gabungan BPBD, serta Manggala Agni dan Tim gabungan TNI/Polri akan menekan kepada masyarakat atau pemilik lahan agar tidak melakukan karhutla,” sambungnya.

Ia juga menegaskan serta menekan kepada masyarakat Singkawang khususnya masyarakat Pamilang, apabila masyarakat masih  melakukan karhutla akan ditindaklanjuti sesuai proses hukum yang berlaku.

“Tentunya kami tidak main-main, masyarakat apabila disengajakan dan mengakibatkan kerusakan yang parah, maka kita tindak dan diserahkan kepada pihak yang berwajib untuk memprosesnya sesuai aturan dan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara untuk koordinasi, lanjutnya ia mengatakan bahwa pihaknya di kelurahan akan selalu berkoordinasi dengan badan maupun dinas terkait.

“Apabila karhutla sudah tidak terkendali atau meluas nantinya, namun kita berharap upaya pencegahan akan kita prioritaskan semaksimal mungkin,”pungkasnya.

  • Bagikan