Duta Besar Uni Eropa di Ekuador Bersihkan Pantai Galapagos

  • Bagikan
Burung terbang di atas kapal nelayan dan turis yang berlabuh di teluk San Cristobal, Kepulauan Galapagos. (Foto: AP)

Suaraindo.id–Duta besar-duta besar dari 12 negara Uni Eropa membersihkan mikroplastik di salah satu pantai paling ikonik di Kepulauan Galapagos di Ekuador pada Jumat.

Inisiatif ini merupakan bagian dari kampanye global Uni Eropa untuk memperingatkan populasi dunia tentang plastik sekali pakai yang berakhir di laut. Duta besar blok itu untuk Ekuador, Charles-Michel Geurts, mengatakan itu adalah bagian dari inisiatif internasional.

Pemuda setempat bergabung dengan para diplomat dan pejabat lokal dalam operasi pembersihan itu.

Delegasi Uni Eropa itu mencakup duta besar Jerman, Prancis, Italia, Hongaria, Rumania, Republik Ceko, Finlandia, Austria, Belanda, Denmark dan Spanyol. Menteri Lingkungan Ekuador Gustavo Manrique juga ambil bagian.

Duta Besar Prancis Frédéric Desagneaux mengatakan kegiatan itu menyoroti komitmen mereka sebagai mitra Ekuador dalam memerangi polusi, dan untuk menunjukkan bahwa melestarikan alam adalah tanggung jawab global.

Kepulauan Galapagos, di tengah Samudra Pasifik dan 1.000 kilometer dari daratan Ekuador, dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978 karena spesies hewan dan tumbuhannya yang unik. Lokasi itu menjadi dasar bagi ilmuwan Inggris Charles Darwin untuk mengembangkan teorinya tentang evolusi spesies. [ka/rs]

  • Bagikan