Pendaki Rusia Tewas di Gunung Everest

  • Bagikan
Antrean panjang pendaki gunung berbaris di jalan setapak di Gunung Everest tepat di bawah kamp empat, di Nepal. (Foto: AP)

Suaraindo.id–Seorang pendaki asal Rusia, Pavel Kostrikin, meninggal di Kamp I Gunung Everest, kata seorang pejabat Nepal pada Minggu (8/5).

Kostrikin, 55 tahun, menghembuskan nafas terakhir di kamp, yang terletak di ketinggian sekitar 5.360 meter di gunung tertinggi dunia yang memiliki tinggi 8.848 meter itu pada Sabtu (7/5), kata Bhishma Kumar Bhattarai, seorang pejabat Departemen Pariwisata Nepal.

“Pendaki Rusia jatuh sakit di Kamp II dan meninggal setelah dibawa ke Kamp I,” kata Bhattarai kepada Reuters tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kamp II di jalur punggungan tenggara di Everest terletak di ketinggian sekitar 6.400 meter.

Pejabat setempat mengatakan jenazah Kostrikin akan dibawa ke Kathmandu ketika kondisi cuaca mendung saat ini membaik.

Gunung Everest telah didaki 10.657 kali sejak pertama kali didaki pada 1953, baik dari sisi Nepal dan Tibet. Menurut data, sejauh ini terdapat 311 orang telah meninggal.

Lebih dari 900 pendaki gunung asing telah menerima izin untuk mendaki 26 puncak Himalaya di Nepal, termasuk 316 izin untuk mendaki Gunung Everest, selama musim yang berakhir pada Mei. [ah]

  • Bagikan