Serangan Udara AS Tewaskan 15 Militan di Somalia

  • Bagikan
Kelompok militan Al-Shabab melakukan latihan militer di Somalia (foto: ilustrasi/dok.)

Suaraindo.id – Militer Amerika melaporkan dua serangan udara baru terhadap pejuang al-Shabab di Negara Bagian Hirshabelle, Somalia.

Dalam pernyataan, militer Amerika di Afrika mengatakan, pihaknya melakukan dua serangan “pertahanan diri kolektif” terhadap kelompok itu pada 14 dan 17 Desember di sekitar kota pesisir Adale. Serangan dilakukan atas permintaan Pemerintah Federal Somalia, dan untuk mendukung pasukan Tentara Nasional Somalia.

Serangan pertama terjadi 176 kilometer timur laut Mogadishu, menewaskan tujuh militan. Serangan kedua terjadi sekitar 220 kilometer timur laut Mogadishu, menewaskan delapan pejuang al-Shabab.

Penilaian awal Komando Amerika Afrika adalah bahwa tidak ada warga sipil yang terluka atau tewas dalam serangan-serangan itu, menurut AFRICOM. “Komando Amerika Afrika akan terus mempelajari hasil operasi dan akan memberi informasi tambahan yang sesuai,” bunyi pernyataan itu.

Pemerintah Somalia mengatakan, 88 pejuang al-Shabab tewas dalam operasi 48 jam, yang dilakukan bekerja sama dengan mitra internasional. Ini seringkali merujuk pada keterlibatan negara-negara sahabat yang mendukung tentara Somalia. [ka/lt]

  • Bagikan