Sekilas Info

Polisi Prediksi Kebakaran Rumah di Sanggau Akibat Arus Pendek Listrik

Rumah Suhendra, warga di Gang Bogor III, Sanggau yang terbakar Minggu malam. Sumber foto: warga Sanggau.
Suaraindo.id – Kapolsek Kapuas, Iptu Sukiswandi mengatakan dugaan sementara terkait musibah kebakaran yang menghanguskan rumah warga atasnama Suhendra (55), warga di Gang Bogor III, Jalan Cempaka, adalah akibat arus pendek listrik.  
“Untuk sementara, dugaan api berasal dari arus pendek listrik yang berada di kamar depan rumah korban. Pada saat Evan (Anak korban) meninggalkan rumah, listrik dalam keadaan hidup,” ungkapnya.
Dikatakannya, sekira pukul 19.00 WIB, pemilik rumah Suhendra (55) pergi berlebaran di Mungguk Badang, Kecamatan Kapuas. Di rumah hanya ada Evan, anak dari Suhendra. Sekira pukul 20.55 WIB, Evan meninggalkan rumah dan bermain di rumah tetangga depan yang tidak jauh dari rumahnya. Sekira pukul 21.00 WIB terlihat api dan kepulan asap dari kamar bagian depan.
Melihat ada api di rumahnya, Evan berlari dan berteriak minta bantuan kepada warga sekitar. Kemudian Evan serta Mahardika dan warga mendobrak pintu garasi yang di dalamnya terdapat dua unit sepeda motor serta barang lainnya yang bisa diselamatkan.
“Karena api semakin cepat membesar, karena lantai rumah juga dari papan, anak korban dan warga sekitar akhirnya menyelamatkan barang–barang yang dapat diselamatkan,” katanya.
Warga kemudian berinisiatif menghubungi PLN dan Damkar Kabupaten Sanggau untuk mencegah kebakaran meluas ke pemukiman lainnya. Sekira pukul 21.12 WIB, Pemadam kebakaran tiba di lokasi.
“Sekira pukul 22.00 WIB api berhasil dipadamkan oleh pemadam. Tidak ada korban jiwa. Kerugian materil masih belum dapat diprediksi,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui bahwa pada Minggu (24/5/2020), rumah warga di Gang Bogor III, Jalan Cempaka, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar, terbakar. Musibah tersebut terjadi masih dalam suasana merayakan idulfitri. (R_209)

Penulis:

Baca Juga