Sekilas Info

TNI – Polri

Pak Tentara dan Polisi Ini Kompak Bersihkan Parit

Suaraindo.id - Sinergisitas TNI dan Polri terus berlanjut. Kali ini, Koramil 1201-01 Jongkat bersama Polsek Siantan, kompak membersihkan parit di Jalan Daeng Parateh, RT. 10 – RT. 11, Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kalbar pada Minggu (28/06/2020) pagi.

Tak tanggung-tanggung, parit yang penuh semak sepanjang 1 kilometer, tuntas dibersihkan aparat gabungan yang menggandeng masyarakat. Meski harus mengarungi parit yang cukup dalam, kegiatan berlangsung penuh kekeluargaan dan canda tawa.

Danramil 1201-01 Jongkat, Kapten Arm Buntoro Nugroho mengatakan, pembersihan parit di Jalan Daeng Parateh sepanjang 1 kilometer ini merupakan bagian dari Program Karya Bhakti TNI semester 1 Tahun Anggaran 2020.

“Dalam pelaksanaan karya bhakti Koramil 1201-01 Jongkat, kami menggandeng personel Persit Ranting Koramil Jongkat, aparat Polsek Siantan beserta pengurus Bhayangkari, para tokoh dan juga masyarakat setempat. Intinya, berkat kebersamaan, parit sepanjang 1 kilometer bisa kita bersihkan,” ungkap Danramil Buntoro Nugroho.

Parit di Jalan Daeng Parateh ini sehari-hari digunakan warga setempat untuk mandi dan mencuci pakaian. Sejak semak tumbuh di kawasan parit, air mengalir tidak lancar. Bahkan kadang tercium bau tidak sedap karena semak yang menggumpal.

Karena itu lah, pihaknya lantas menghubungi dengan Kepala Desa Terpilih Sungai Nipah dan para tokoh masyarakat dan pemuda untuk melaksanakan kegiatan pembersihan parit. Danramil juga berkoordinasi dengan Kapolsek Siantan Iptu Tarminto.

“Alhamdulillah, dukungan penuh diberikan kepada kami dan 10 petugas Koramil Jongkat untuk melaksanakan pembersihan pada hari ini. Kapolsek Iptu Tarminto mengerahkan 10 anggotanya ke lapangan. Bahkan, Ketua Bhayangkari Ranting Siantan juga menurunkan lima orang pengurusnya,” jelas Buntoro.

Sementara dari Desa Sungai Nipah, kades terpilih dan tokoh masyarakat, menyertakan 70 orang warga agar membantu petugas TNI/Polri untuk melaksanakan pembersihan parit di Jalan Daeng Parateh.

Berlangsung sejak pagi, dengan semangat gotong-royong, kegiatan pembersihan parit sepanjang 1 kilometer dapat dituntaskan. Warga pun senang karena air parit kini mengalir lancar.

“Atas dukungan Kapolsek Siantan, Ketua Bhayangkari Ranting Siantan, anggota Polsek dan seluruh masyarakat, kami ucapkan terima kasih. Semoga apa yang kita lakukan untuk masyarakat ini dapat menjadi pahala buat kita semua. Amiin,” tutup Buntoro.

Penulis: Dian S
Editor: Kundori
Sumber: Suarakalbar.co.id

Baca Juga