Pemuan Tengkorak dan Tulang Manusia Gegerkan Warga Kuta Utara, Bali

  • Bagikan
Penemuan Tengkorak manusia

Suaraindo.id – Warga sekitar Pura Bias Aud, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, Bali digegerkan dengan temuan tengkorak dan tulang manusia Sabtu (4/7/2020) pukul 17.00 wita.

Tengkorak dan tulang itu ditemukan warga yang tengah sembahyang di pura tersebut. Sebelumnya, kasus temuan serupa terjadu di di Tukad Ayung, Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal.

Kapolsek Kuta Utara Kompol Marzel Doni, menyampaikan, tengkorak ditemukan tanpa sengaja saat melaksanakan persembahyangan Saraswati di Pura Bias Aud.
Ada dua warga sebagai saksi, Made Alit Juni Setiawan (38) dan I Made Surata (50) sudah dimintai keterangan terkait kejadian ini.

Menurut kedua saksi, pukul 17.00 Wita bertempat di Pura Bias Aud sedang dilaksanakan persembahyangan hari Saraswati oleh warga Banjar Batu Belig. Salah satu anak dari warga yang mau melaksanakan persembahyangan yang tidak diketahui identitasnya bermain pasir di sebelah tembok penyengker Pura Bias Aud. Tanpa sengaja anak tersebut menemukan tengkorak manusia. “Kejadian tersebut dilaporkan Polsek Kuta Utara lewat telepon,” ujarnya.

Atas kesepakatan Adat Banjar Batu Belig, pukul 22.30 Wita tengkorak manusia tersebut dihanyutkan ke laut depan Pura Bias Aud.

Menurut keterangan kelian adat Batu Belig Made Surata di area TKP, dari jaman dulu memang sering ditemukan kerangka manusia. Pasalnya di sana merupakan tempat penguburan orang – orang yang sakit lepra.

Selanjutnya pada tahun 2012 sudah dilaksanakan upacara Atma Kertih yang mana upacara tersebut dipercaya untuk membersihkan orang orang yang sudah meninggal dan dikubur di area tersebut.

“Bilamana ke depan menemukan tulang belulang manusia di area tersebut langsung dihanyutkan ke pantai di depan pura,” imbuh Klian Adat Batu Belig.

  • Bagikan