Sosialisasi GERMAS, Program Non Fisik TMMD 108 Kodim Singkawang

  • Bagikan

Suaraindo.id – GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) juga disosialisasikan dalam rangkaian kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 108 Kodim 1202/Skw. Permateri dari Dinas Kesehatan Bengkayang yang dihadiri warga Desa Danti Kecamatan Sanggau Ledo.

Sebagai narasumber adalah Apen, S.Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat yang menekankan bahwa GERMAS terkecil harus dimulai dari sebuah keluarga, baru masyarakat yang membentuk kepribadian.

Apen, juga menjelaskan bahwa fokus dari GERMAS adalah tiga kegiatan meliputi melakukan aktivitas fisik 30 menit/hari, mengkonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan secara rutin. Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Secara umum dapat juga melalui penghentian merokok dan alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Secara khusus, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Untuk mensukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, kementerian dan lembaga lainnya termasuk pemerintah pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan.

Salah satu dukungan nyata lintas sektor antara lain Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam hal keamanan pangan serta program infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian PU Pera yang berfokus pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni.

  • Bagikan