Sekilas Info

Pers

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Sintang Latih Anggota

Suaraindo.id - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sintang menggelar pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi anggotanya, pada Sabtu (19/9/2020) di Aula Kantor Diskominfo Kabupaten Sintang. Sebanyak 22 wartawan anggota PWI Sintang mengikuti pelatihan tersebut.

Sebagai pemateri dalam pelatihan peningkatan kompetensi wartawan ini, Tantra Nur Andi, Wartawan Antara yang juga Ketua PWI Kabupaten Sintang.

Dalam pelatihan, pemateri menyampaikan materi tentang dasar - dasar jurnalistik seperti menulis berita yang menarik, teknik reportase, teknik wawancara, manajemen redaksi, kode etik jurnalistik, tulisan feature dan lainnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Hendriyono wartawan Suara Kalbar menyatakan senang mengikuti pelatihan ini.

"Saya bangga bisa bergabung di PWI dan bangga dengan kepengurusan PWI Sintang yang begitu peduli dengan peningkatan kompetensi anggotanya. Saya berharap pelatihan seperti ini dapat dilaksanakan secara kontinue," harapnya.

Marhenden, peserta lainnya juga berharap ada pelatihan khusus menulis berbagai jenis berita, agar seluruh anggota PWI Sintang bisa menulis berita mulai dari straight news, feature sampai berita investigasi.
Sedangkan Anang menginginkan juga diadakan pelatihan tentang media sebagai bisnis, dan bagaimana pengembangan media massa.

Ketua PWI Kabupaten Sintang, Tantra Nur Andi mengatakan, pelatihan ini sebagai bagian dari program kerja PWI Kabupaten Sintang untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang menjadi anggotanya, agar menjadi profesional.

"Sesuai Visi PWI Sintang mewujudkan wartawan profesional, bermartabat dan beretika, maka pelatihan peningkatan kompetensi wartawan sangat penting dilakukan," katanya.

Selain itu, kata Tantra, pelatihan jurnalistik ini juga sebagai persiapan untuk para anggota anggota PWI Sintang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Penulis: Rilis
Editor: Redaksi

Baca Juga