Sekilas Info

Vaksin Covid-19

AS akan Keluarkan Jutaan Dosis Vaksin Covid-19

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar bertepuk tangan setelah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, 22 Desember lalu (foto: dok).

Suaraindo.id--Pemerintah Trump akan merilis jutaan dosis vaksin COVID-19 yang ditahan untuk digunakan sebagai dosis kedua. Vaksin itu akan digunakan untuk memvaksinasi orang-orang berusia lebih dari 65 tahun, serta yang mengidap penyakit.

Tampil dalam acara TV "Good Morning America," Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar mengatakan, "Fokus pemerintah di negara-negara bagian selama ini terlalu sempit." Ia menambahkan, semuanya kini tersedia untuk negara-negara bagian dan petugas kesehatan." Ia mengatakan strategi baru itu tidak akan mengganggu orang-orang yang menunggu dosis pertama vaksin.

Sementara pemerintah federal menyediakan dua suntikan vaksin ke negara-negara bagian, masing-masing mendistribusikan sesuai rencana sendiri. Sebagian besar negara bagian memrioritaskan petugas kesehatan dan penghuni panti jompo.

Ia mengatakan pemerintah federal "akan mengerahkan tim untuk mendukung negara-negara bagian melakukan upaya vaksinasi massal jika mereka ingin melakukannya."

Hari Senin (11/1), CDC melaporkan, hampir 9 juta orang Amerika telah menerima suntikan vaksin pertama.[ka/jm]

Penulis: VOA
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga