Sekilas Info

Kriminal

Meksiko Bebaskan Mantan Menhan dari Tuduhan Terkait Narkoba

Mantan Menhan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos, di Mexico City, Meksiko, 12 Juli 2017. (Foto: REUTERS/Carlos Jasso/File Photo)

Suaraindo.id--Para jaksa penuntut umum Meksiko tidak akan melanjutkan dakwaan pidana terhadap mantan menteri pertahanan yang ditangkap di AS karena dituduh bekerja sama dengan kartel narkoba paling berpengaruh di Meksiko, sebut kantor Kejaksaan Agung Meksiko dalam suatu pernyataan.

Aparat penegak hukum AS menangkap Salvador Cienfuegos, anggota kabinet mantan presiden Enrique Pena Nieto di bandara internasional Los Angeles pada Oktober lalu.

Penangkapannya memicu ketegangan diplomatik antara kedua negara. Pada bulan November, Cienfuegos dipulangkan ke Meksiko untuk menghadapi kemungkinan diadili.

Para pejabat Meksiko menyatakan Cienfuegos menyerahkan bukti dalam lima hari yang sepenuhnya membantah klaim AS.

“Kesimpulan dicapai bahwa Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda tidak pernah mengadakan pertemuan apapun dengan organisasi kriminal yang diselidiki oleh pihak berwenang Amerika, dan bahwa ia juga tidak pernah mengadakan komunikasi apapun dengan mereka, juga tidak melakukan tindakan untuk melindungi individu-individu itu,” sebut pernyataan itu.

Lebih jauh, pernyataan Meksiko itu menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan Cienfuegos memiliki penghasilan ilegal atau meragukan atau “bahwa ia pernah mengeluarkan perintah yang menguntungkan kelompok kriminal yang dipermasalahkan.”

Para jaksa penuntut Meksiko membatalkan semua tuduhan terhadap Cienfuegos, dan karena itu membebaskan dia sepenuhnya.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional di Badan Penanggulangan Narkoba AS (DEA), mengatakan dalam suatu wawancara televisi dengan badan penyiaran Meksiko Milenio bahwa “ini merupakan noda sangat besar dalam sistem peradilan Meksiko.” [ab/uh]

Penulis: VOA
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga