Sekilas Info

Infrastruktur

Alat Berat PT Toba Pulp Lestari Dikerahkan Pembersihan Material Longsor di Jalinsum Parapat

Suaraindo.id---Jalan lintas Sumatera yang berlokasi di Dusun Sualan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang sempat tertimbun material longsor akibat banjir pada, Kamis (13/5/2021) akhirnya bisa dilalui kendaraan dengan normal setelah alat berat (excavator) milik PT.Toba Pulp Lestari (PT.TPL) dikerahkan untuk membersihkan material longsor dari bahu jalan.

Selain alat berat (excavator) milik PT Toba Pulp Lestari, Balai jalan Nasional juga menurunkan alat berat jenis loder untuk membersihkan aliran Sungai Batu Gaga dari tumpukan bebatuan besar.

Untuk membantu proses pembersihan, Batalyon Brimob Kompi II Pematangsiantar menurunkan 40 Personilnya dibantu personil dari Kodim 0207/Simalungun dan Personil Polres Simalungun guna membantu proses pembersihan badan jalan dan rumah warga yang terkena lumpur .

Saat ini, Jalan lintas Sibaganding-Parapat, sudah bisa dilintasi kendaraan baik dari arah Toba maupun kota Siantar, dan alat berat PT TPL masih beroperasi bersihkan sisa material lumpur yang masih menggunung di bahu jalan, dekat Gereja HKBP Sualan.

Manager Corporate Communications PT TPL Norma Patty Nandini Hutajulu, mengatakan ini adalah sebagai bentuk rasa sosial tinggi dari perusahaan.

"Masing-masing pihak saling membutuhkan, apalagi demi kepentingan umum, kita juga dari pihak perusahaan sangat prihatin dengan kejadian alam tersebut, PT TPL akan berupaya semaksimal mungkin membantu warga dan pemerintah ," kata Norma.

Sementara itu, Plt Camat Girsang Sipangan Bolon Yosua Simaibang menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan alat berat PT TPL.

"Terimakasih bisa membantu dengan alat berat sehingga dapat mempercepat pembersihan jalan lintas ini. Kini sudah berangsur bersih demi fasilitas umum juga," ujar Yosua.

Penulis: Firma
Editor: Redaksi

Baca Juga