Sekilas Info

Pemda

Pasca Lebaran, Bupati Way Kanan Ikuti Rakor Bersama Presiden

Suaraindo.id---Bupati Raden Adipati Surya bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Way Kanan mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi mengenai penyekatan arus mudik balik lebaran 2021 dan pengarahan Presiden bersama kepala daerah dan Forkompimda secara zoom meeting di ruang rapat utama Pemkab Way Kanan di Blambangan Umpu, Senin (17/5/2021).

Dalam arahannya Presiden Joko Widodo menekankan kepada seluruh Kepala Daerah untuk mewaspadai adanya potensi lonjakan jumlah kasus pasien covid-19.

"Pada kesempatan ini saya perlu  menyampaikan dan mengingatkan kepada seluruh kepala daerah dan Jajaran Forkopimda propinsi dan kabupaten kota bahwa momentum pasca Lebaran harus diwaspadai terutama potensi kenaikan jumlah kasus pasien Covid-19 dari perjalanan mudik dan balik lebaran tahun ini, Kita harus betul-betul waspada, meski telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik namun tetap memiliki potensi kenaikan jumlah kasus pasien Covid-19 akibat mudik yang terjadi," ujarnya Presiden.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan agar Kepala Daerah mewaspadai gelombang kedua dan tiga lonjakan penyebaran covid-19.

"kita harus memiliki ketahanan, hati hati gelombang kedua dan ketiga penyebaran covid-19 di negara tetangga kita malaysia dan singapura telah melakukan lock down hingga juni kita harus melihat tetangga kita,  hati hati ada 15 Propinsi yang mulai meningkat kasus covid-19 perkembangan mingguan pasca lebaran tahun ini, bisa kita lihat dalam curva,  sebagian besar disumatera," ujar Presiden.

Presiden juga mengingkat akan indikator kesehatan masyarakat yang sesuai dengan standar WHO.

"indikator kesehatan masyarakat tersebut yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan. Indikator epidemiologi merujuk pada kecenderungan kasus positif, meninggal dunia, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Surveilans kesehatan masyarakat menyangkut kemampuan sistem kesehatan masyarakat untuk melakukan pemantauan, seperti deteksi kasus atau testing, pemantauan mobilitas penduduk serta pelacakan kontak," ujar Presiden Joko Widodo menambahkan.

Dalam rapat koordinasi ini Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya didampingi oleh Komandan Kodim 0427, Kapolres Way Kanan, Kajari Way Kanan, Sekertaris Daerah dan Asisten 1 Pemkab Way Kanan.

Penulis: Demsy
Editor: Febry

Baca Juga