AS Kirim Bantuan Keamanan $150 Juta ke Ukraina

  • Bagikan
Amerika membantu Ukraina meningkatkan kemampuan pertahanannya, mengumumkan paket keamanan senilai $150 juta. (Foto: Reuters)

Amerika membantu Ukraina meningkatkan kemampuan pertahanannya, mengumumkan paket keamanan senilai $150 juta, kurang dari seminggu sebelum Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa.

Pentagon meluncurkan paket tersebut, yang menjadi bagian dari Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, Jumat, (11/6) dengan mengatakan bahwa AS bisa melanjutkan bantuan tersebut setelah mengonfirmasi bahwa Kyiv telah mematuhi reformasi yang diperlukan.

Paket itu termasuk radar kontra-artileri, sistem penangkal pesawat udara tak berawak, peralatan komunikasi yang aman, peralatan tempur elektronik dan peralatan evakuasi medis militer.

Paket pertahanan ini juga menyediakan pelatihan untuk membantu meningkatkan keselamatan dan kapasitas di pangkalan angkatan udara Ukraina.

Bantuan tersebut, bagian dari bantuan sebesar $275 juta untuk mendukung Ukraina, telah disetujui sebagai bagian dari Tahun Anggaran Pentagon 2021.

Paket bantuan pertama, yang dikirim pada bulan Maret, termasuk kapal patroli bersenjata, radar kontra-artileri dan dukungan untuk gambar dan analisis satelit.

Ketegangan antara Ukraina, yang sebelumnya ingin memiliki hubungan lebih dekat dengan Barat, dan Rusia telah memanas selama berbulan-bulan menyusul pengerahan besar-besaran pasukan Rusia di sepanjang perbatasan dan di semenanjung Krimea yang diduduki awal tahun ini.

Para pejabat AS dan Barat menggambarkan peningkatan pasukan Rusia, yang melibatkan lebih dari 100.000 tentara, sebagai yang sejak Kremlin merebut Krimea dari Kyiv pada 2014.

Para pejabat AS mengatakan Presiden Biden ingin mengangkat masalah Ukraina ketika ia bertemu dengan Presiden Putin pada hari Rabu di Jenewa, dan menggambarkan perilaku Moskow sebagai agresif.

Para pejabat Rusia bersikeras bahwa peningkatan kehadiran militer awal tahun ini adalah untuk mendukung latihan militer dan banyak dari pasukan yang ditempatkan di dekat Ukraina telah ditarik kembali.

Pejabat AS dan NATO menyikapi klaim Rusia dengan kecurigaan, sementara Washington menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk Kyiv.

“Amerika berkomitmen menyediakan bantuan keamanan lebih dari $2,5 miliar kepada Ukraina sejak 2014 dan kita akan terus memperkuat kemitraan pertahanan strategis kita termasuk melalui penyediaan bantuan pertahanan yang mematikan,” kata jru bicara Pentagon John Kirby kepada wartawan. [my/pp]

  • Bagikan