Kreatif! 5 Cara Unik untuk Penuhi Kebutuhan Sampai Akhir Bulan!

  • Bagikan
ShopeePay

Suaraindo.id – Akhir bulan biasanya identik dengan keuangan yang menipis untuk kebanyakan orang yang mendapatkan gaji secara bulanan. Fenomena yang sering disebut tanggal tua ini pun banyak dijadikan sebagai bahan postingan di media sosial, baik dalam bentuk keluhan ataupun meme lucu. Biasanya, keluhan dan meme ini sejenis, menggambarkan situasi dompet yang menipis dibandingkan ketika baru gajian.

Daripada mengeluh, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan. Jika ada kemauan, berbagai cara kreatif ini dapat dijalankan sehingga kamu bisa lebih berhemat dan bahkan mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut adalah lima cara unik dan kreatif yang dapat menjadi pilihan dalam menghasilkan pendapatan tambahan untuk penuhi kebutuhan hingga akhir bulan:

Manfaatkan hobi untuk jadi pendapatan

Setiap orang memiliki kegemaran atau hobi berbeda-beda yang memberikan kesenangan tersendiri saat menjalankannya. Tentunya kamu juga bisa menjadikan hobi menghasilkan pendapatan. Gali lebih dalam hobi yang menurutmu memiliki nilai jual. Misalnya, bagi kamu yang hobi membuat konten, kamu bisa membantu usaha kecil berkembang dengan membuatkan konten di media sosial untuk mereka. Kamu juga bisa memberikan kelas privat sesuai hobimu, seperti kelas privat memasak, menjahit, atau bahasa Inggris.

Ikutan kuis/giveaway di media sosial

Saat ini, banyak brand baik besar maupun kecil yang mengadakan kuis atau giveaway dengan berbagai hadiah menarik. Jika kamu memiliki wishlist, kamu bisa standby di media sosial brand tersebut untuk mendapatkan barang yang kamu mau dengan gratis saat mereka mengadakan giveaway. Salah satu bentuk giveaway yang umum dilakukan brand adalah dengan mengadakan kuis. Salah satunya adalah akun ShopeePay di Instagram @shopeepay_id yang rutin mengadakan kuis di Instagram dengan berbagai hadiah menarik, seperti saldo ShopeePay yang dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan hingga berbagai gadget keren.

Jual barang preloved

Barang preloved atau barang lama yang masih berfungsi dengan baik tapi tidak digunakan lagi dapat menghasilkan uang tambahan. Barang yang dijual tidak perlu barang yang branded, tetapi perlu diperhatikan bahwa barang tersebut masih layak untuk dijual. Jenis barang yang dapat dijual pun beragam, mulai dari pakaian, peralatan dapur, hingga perabotan rumah tangga. Jangan lupa untuk mengambil foto barang semenarik mungkin dan upload di media sosial atau e-commerce seperti Shopee, untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Tak hanya mendapatkan uang tambahan, kamu juga bisa mendapat manfaat lain seperti rumah yang lebih rapi dan bersih karena tidak ada barang yang menumpuk.

Ikut kegiatan online yang menghasilkan cuan 

Saat ini banyak kegiatan online yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Tak perlu modal banyak, kamu cukup menyiapkan kuota internet dan gadget penunjang untuk dapat mengikuti kegiatan online berbayar. Salah satu pilihan yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi responden pada survei online. Tak jarang, berbagai platform survei online mengadakan survei dan memberikan tanda apresiasi untuk respondennya. Selain itu, untuk kamu yang hobi nonton video, ada banyak platform video pendek yang memberikan saldo untuk orang yang membuat dan menonton video di platform tersebut.

Rajin cari promo di akhir bulan

Akhir bulan merupakan waktu yang tepat untuk berburu promo karena banyak brand yang memberikan promo akhir bulan. Promo tersebut dapat membantu kamu untuk lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan di tanggal tua. Salah satu brand yang sering memberikan promo di kala momen gajian adalah ShopeePay. Pada akhir bulan ini, ShopeePay menghadirkan promo ShopeePay Day yang berlangsung pada tanggal 22 – 24 Agustus 2021. Di periode tersebut, kamu bisa menikmati berbagai penawaran menarik, seperti voucher ShopeePay Serba Rp10, Minimarket Diskon s/d 60%, dan ShopeeFood Cashback 100%. Adapula promo spesial anteraja dan Auntie Anne’s berupa voucher cashback sampai dengan Rp22.000 yang dapat digunakan di aplikasi anteraja atau outlet Auntie Anne’s terdekat. Promo ini juga berlaku untuk menu Lemonade dari Auntie Anne’s yang memiliki kandungan vitamin C tinggi untuk meningkatkan imun di tengah pandemi.

Tidak hanya di momen tanggal tua, berbagai promo pun kerap bertebaran di momen gajian. Salah satunya adalah promo ShopeePay Deals Rp1 di kampanye Shopee Mantul Sale yang hadir di tanggal 25 – 27 Agustus. Dengan promo tersebut, kamu bisa mendapatkan voucher cashback dan diskon hingga 100% seharga Rp1. Untuk kamu yang senang belanja online di aplikasi Shopee, terdapat juga promo Gratis Ongkir Rp0 pada tanggal 25 Agustus khusus untuk kamu yang menggunakan metode pembayaran ShopeePay, dan promo produk Serba Seribu. Selain itu, ada juga promo Serba Hemat Indomaret dan Murmer Alfamart yang dapat kamu nikmati untuk berbelanja di minimarket favoritmu dengan menggunakan ShopeePay sebagai alat pembayaran.

Selain Alfamart dan Indomaret, promo ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale dapat kamu nikmati untuk membeli berbagai kebutuhan hingga akhir bulan di berbagai merchant menarik yang berpartisipasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Makan: HokBen, Pizza Hut, Yoshinoya, Genki Sushi, Nanny’s Pavillon, Imperial Kitchen and Dimsum, Gildak, ATL Hayam Wuruk, Mangkokku, Padang Merdeka, Ayam Keprabon Express, Washoku SATO dan lain-lain.
  • Jajan: Auntie Anne’s, Street Boba, KKULDAK, HopHop, Fore Coffee, Gulu Gulu, Sour Sally, Dudung Roxy, Maxx Coffee, Janji Jiwa, Kopi Kenangan dan masih banyak lagi.
  • Fashion & beauty: Belamy Store, Max Fashions, Oje Eyewear, Dilano Fashion, Goban Cosmetics.
  • Kebutuhan sehari-hari dan logistik: Alfamart, Indomaret, Pasarnow, Meyer Food,  anteraja, Titipku, IDMARCO.com.
  • Kesehatan: Alodokter, Surya Sehat, Kalcare, Riliv
  • Hiburan: Garuda Voucher, Lakupon, UniPin.

Itulah lima cara unik dan kreatif yang bisa kamu lakukan untuk penuhi kebutuhan di akhir bulan. Informasi lebih lanjut mengenai promo-promo ShopeePay Day dapat dilihat di sini. Untuk Shopee Mantul Sale, kamu bisa mendapatkan informasi lainnya di sini.

 

Penulis: HeniEditor: Redaksi
  • Bagikan