Pandemi Covid-19, Tukang Roti Ini Beralih Jual Wedang Jahe

  • Bagikan
Salah satu Karyawan Toko Wedang Jahe milik Zul saat meracik jahe. SUARAINDO.ID/Tim

OBAT HERBAL herbal mungkin sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun obat herbal malah banyak diminati masyarakat pada saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satunya adalah dengan minum wedang jahe.

Selain untuk menghangatkan tubuh, juga bermanfaat mengatasi berbagai keluhan pada perut dan pencernaan, terutama mual.

Tak hanya sebatas itu saja, ada beragam manfaat lain dari minuman jahe, di antaranya mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendi dan otot hingga mencegah risiko penyakit jantung dan lain sebagainya.

Melihat dari banyaknya minat masyarakat untuk minum jahe, dimanfaatkan oleh salah satu pemuda yang ada di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Pemuda itu adalah Zulkifli Amsyah. Awalnya, pemuda berusia 28 tahun ini berjualan roti di Terminal Lawang Kuari Sekadau dan usahanya itu terkena imbas pandemi Covid-19, dan omzetnya menurun.

Zul, sapaan akrab Zulkifli Amsyah, dan para pedagang lainnya terpaksa menutup tempat usaha mereka untuk menghindari kerumunan. Tak ada kejelasan sampai kapan mereka bisa kembali berjualan.

Kondisi tersebut membuat Zul kebingungan untuk usahanya itu. Selain untuk menghidupi keluarganya, ia harus memikirkan nasib karyawan yang telah membantu menjalankan usahanya selama ini. Pernah juga kepikiran bahwa ia ingin merumahkan karyawannya, namun dirinya tidak tega.

Akan tetapi, dirinya tidak kehabisan akal pada saat itu. Dalam situasi sulit karena pandemi Covid-19, dirinya mencoba peruntungan dengan membuat wedang jahe. Berawal dari seorang teman yang membawakan wedang jahe untuknya, ia malah kepikiran untuk mencoba membuat sendiri.

Setelah pertemuan dengan temannya itu, ia mulai membuat wedang jahe ‘Tuan Muda’. Namun, siapa menyangka wedang jahe yang dibuatnya itu laris manis. Bahkan, mendapat pesanan dari Sintang, Sanggau hingga Singkawang.

“Pada saat itu memang terasa sekali orang takut dengan Corona, dan konsumsi wedang jahe dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pertama kami buat yang pesan orang-orang terdekat, teman. Seiring berjalan, Alhamdulillah terus makin banyak yang pesan,” kata Zul, Jumat (27/8/2021).

Wedang jahe tersebut dibuat dengan cara tradisional. Ia dibantu oleh karyawannya yang semula membantunya berjualan kue. Dengan demikian begitulah cara Zul bertahan di tengah pandemi Covid-19 dan ia pun tidak jadi inguk merumahkan karyawannya.

“Kita harus survive di tengah pandemi ini. Alhamdulillah kita bisa bertahan karena ada peluang yang bisa kita tangkap saat pandemi melanda,” ucapnya.

Dalam sehari produksi wedang jahe ‘Tuan Muda’ mencapai 70 botol ukuran 250 ml. Untuk hara cukup terjangkau, yaitu Rp 10 ribu per botol.

Hingga saat ini produksi wedang jahe ‘Tuan Muda’ masih berjalan. Kini, Zul pun telah memiliki tempat representatif untuk berjualan.

Toko parfum terdapat di Jalan Irian, Desa Sungai Ringin dan toko roti berada di Jalan Panglima Naga (Pasar Baru Sekadau).

“Kalau dulu wedang jahe dibuat di rumah. Alhamdulillah, sekarang sudah di ruko yang kita sewa,” tutup Zul seraya menghimbau kepada warga agar tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Manfaat Wedang Jahe

1. Mengurangi reaksi alergi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herba ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

2. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi minuman jahe merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Meski klaim ini masih butuh diteliti lebih lanjut, minum teh jahe hangat memang bisa membuat Anda merasa kenyang.

3. Meredakan nyeri haid
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman jahe bisa meredakan nyeri haid. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa efektivitas minuman jahe dalam mengatasi nyeri haid tidak kalah dari obat antinyeri.

4. Meredakan nyeri sendi dan otot
Tidak hanya bisa meredakan nyeri saat haid, minuman jahe juga telah lama dipercaya mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Manfaat ini adalah berkat sifat antiradang yang dimiliki jahe.

5. Mencegah risiko penyakit jantung
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam minuman jahe dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi minuman ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri ulu hati, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

 

  • Bagikan