Terkait Pengadaan Baju Dinas 65 Anggota DPRD Sumbar Sebesar 900 Juta Lebih, Ini Tanggapan Pengamat

  • Bagikan

Suaraindo.id- Terkait pengadaan baju dinas anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar),Pengamat Politik sekaligus Akademisi Universitas Andalas (Unand) Padang, Najmudin Rasul sangat menyayangkan soal pengadaan baju 65 anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) yang menelan anggaran Rp908.050.000 pada tahun 2021.

Najmudin tidak menapik, mereka (DPRD) betul sudah membuat ketentuan-ketentuan sesuai regulasi di DPRD, sama dengan Pengadaan mobil dinas dan segala macamnya.

“Persoalannya sekarang adalah kepatutannya. Apalagi dalam kondisi (pandemi), seharusnya itu tidak harus dilakukan anggota DPRD,” katanya kepada awak media Senin (23/8/21).

Mestinya, kata dia, mereka lebih mementingkan rakyat. Kapan perlu ditiadakan pengadaan baju tersebut dan dialihkan untuk kepentingan rakyat yang masih merasakan dampak pandemi.

“Sangat tidak patut dilakukan. Mestinya anggaran itu dialihkan kepada pengadaan alat-alat prokes dan lain lainnya sebagai bentuk empati seorang anggota dewan kepada masyarakat,” katanya.

“Jika hal ini tetap dilakukan, otomatis membuat masyarakat makin tidak percaya,” katanya lagi.

Sementara, Pemerintah Provinsi Sumbar selaku pihak uang membuat pagu anggaran, harus lebih bijak dalam hal ini dan anggaran yang sudah tersedia tersebut dicabut kembali.

“Akan lebih terhormat jika dicabut kembali. Ini tidak akan jadi masalah. Untuk kepercayaan dan empati masyarakat kita kepada pemimpin,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari LPSE Sumbar pemenang tender dalam pengadaan pakaian dinas beserta kelengkapannya untuk pimpinan dan anggota DPRD Sumbar,dimenangkan oleh CV Bola Dunia Tailor dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 908.050.000.

Sesuai proses tender yang sudah dilakukan oleh LPSE Sumbar, anggota dewan ini sudah bisa melakukan pengukuran pakaian di tempat yang telah ditentukan.

Untuk bahan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan memang tak ada disebutkan mereka tertentu untuk pakaian dinas namun ada spesifikasi yang menjadi patokan, seperti kadar wol dalam pakaian tersebut.

  • Bagikan