Blinken Serukan DK PBB Bantu Atasi Perubahan Iklim

  • Bagikan
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara di depan DK PVV Kamis (23/9).

Suaraindo.id–Menteri Luar Negeri Amerikan Antony Blinken hari Kamis (23/9) menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB untuk memainkan peran vital dalam mengatasi perubahan iklim dan menjadikan hal itu sebagai kesempatan untuk menciptakan infrastruktur yang ramah lingkungan dan lapangan pekerjaan yang mendukungnya.

“Lihatlah di hampir di setiap tempat di mana saat ini terjadi ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional, kita mendapati bagaimana perubahan iklim menjadikan tempat itu kurang aman, kurang damai dan membuat respon kami lebih menantang. Ini yang terjadi di Suriah, Mali, Yaman, Sudan Selatan, Ethiopia dan banyak tempat lain yang dilanda perselisihan; bahwa isu-isu ini sedianya menjadi perhatian Dewan Keamanan. Kami juga mengirim pesan yang kuat kepada masyarakat internasional bahwa perubahan iklim menimbulkan implikasi serius terhadap keamanan kolektif,” ujarnya.

Biden menyerukan agar Dewan Keamanan PBB memandatkan misi-misi lapangan mereka untuk memasukkan dampak perubahan iklim dalam rencana dan implementasi rencana sebagaimana yang telah dilakukan pada Misi Bantuan PBB di Irak.

“Misi-misi lapangan PBB seharusnya memasukkan dapak perubahan iklim secara konsisten dalam perencanaan dan implementasi, sebagaimana yang dilakukan dalam beberapa mandat, antara lain bagi Misi Bantuan PBB Untuk Irak, Misi Stabilisasi Multi-Dimensi Terintegrasi PBB di Mali dan Kantor PBB Untuk Afrika Barat dan Sahel. Hal itu akan meningkatkan kegiatan misi PBB. Melestarikan stabilitas. Membangun ketahanan,” tambah Blinken.

Blinken juga mengusulkan agar PBB lebih mengintegrasikan data terkait iklim pada seluruh upaya mediasi dan pencegahan konflik. [em/ka]

  • Bagikan