Ledakan Gedung Apartemen di Swedia, Sedikitnya 20 Luka

  • Bagikan
Asap mengepul pasca ledakan di sebuah gedung apartemen di Annedal, pusat kota Gothenburg, di Swedia Selasa (28/9).

Suaraindo.id–Polisi dan petugas pemadam kebakaran di Goteburg, Swedia, mengatakan sebuah ledakan gedung apartemen Selasa pagi (28/9) melukai sedikitnya 20 orang, sebagian diantaranya serius. Tim penyelidik telah mengesampingkan sebab-sebab alamiah sebagai penyebab ledakan tersebut.

Para pejabat darurat mengatakan mereka diberitahu tentang terjadinya ledakan di distrik Annedal, di pusat kota Goteborg, sekitar jam 5 pagi waktu setempat. Api dengan cepat menyebar ke beberapa unit dan hingga tengah hari para petugas pemadam kebakaran masih berupaya keras memadamkan api.

Warga melaporkan mereka terbangun oleh ledakan yang mengguncang seluruh bangunan, yang terasa hingga satu blok kota itu. Saksi-saksi mata mengatakan asap memenuhi lorong dan tangga gedung sehingga menyulitkan mereka keluar dari gedung itu. Polisi dan petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan banyak orang, sebagian lainnya memanjat ke balkon-balkon apartemen mereka. Sedikitnya satu orang dilaporkan melompat dari gedung itu.

Beberapa laporan media mengatakan sedikitnya 16 orang dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Tim penyelidik mengatakan penyebab ledakan itu belum diketahui tetapi juru bicara polisi mengatakan pada wartawan bahwa jalur pipa gas atau penyebab “alamiah” lain telah dikesampingkan.

Seorang pejabat di layanan darurat Goteburg mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah Swedia SVT bahwa ledakan itu tampaknya berasal dari halaman gedung apartemen, yang kini pintu gerbang masuknya hancur. [em/jm]

  • Bagikan