AS Peringatkan Manuver Militer Rusia Dekat Perbatasan Ukraina

  • Bagikan
Foto satelit menunjukkan pergerakan pasukan Rusia dalam jumlah besar dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina di Yelnya, Smolensk Oblast, Rusia (1/11).

Suaraindo.id–Amerika terus mencermati pergerakan pasukan Rusia di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina, menggambarkan aktivitas itu sebagai “tidak biasa.”

“Kita terus memantau hal ini dengan cermat,” kata juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan Jumat (5/11), sambil meminta agar Moskow secara terbuka menjelaskan niatnya.

“Tanpa merinci lebih jauh, saya kira skala pasukan Rusia penting. Yang kita saksikan adalah besarnya unit-unit (militer Rusia),” kata Kirby sambil menambahkan, “Setiap tindakan eskalasi atau agresif oleh militer Rusia akan menjadi perhatian besar.”

Kementerian Pertahanan Ukraina awal pekan ini mengatakan bahwa sekitar 90.000 tentara Rusia sekarang ditempatkan di sepanjang perbatasan dan di bagian timur Ukraina yang dikuasai oleh pemberontak Ukraina pro-Rusia.

Sementara itu, Moskow membantah bahwa mereka telah memprovokasi situasi di sana.

“Rusia mempertahankan kehadiran pasukan di wilayahnya, di mana saja yang dianggap perlu,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan melalui telepon Rabu, hari yang sama ketika perwira militer berpangkat tertinggi Amerika menyebut gerakan militer Moskow “penting.”

“Kita sudah menyaksikan ini sebelumnya,” kata Jenderal Mark Milley, ketua Gabungan Kepala Staf kepada sebuah forum keamanan di Washington, dan mengatakan ketika itu terjadi “tidak ada yang terlalu agresif” tentang tindakan-tindakan Rusia.

“Jadi, apa artinya ini? Kami belum tahu,” tambah Milley. “Tapi kita terus memantau dengan seluruh kemampuan kita.” [my/pp]

  • Bagikan