Gubernur California Janjikan Koordinasi Keamanan Kargo Kereta Api

  • Bagikan
Gubernur California Gavin Newsom (tengah) ikut memunguti karton-karton bekas dari rel kereta api Union Pacific di Los Angeles, 20 Januari 2022. ( (AP/Ashley Landis)

Suaraindo.id–Gubernur California Gavin Newsom tampak di antara petugas kebersihan dari Departemen Perhubungan negara bagian. Ia memunguti karton-karton bekas, memasukkannya ke puluhan kantong sampah yang disediakan.

Karton-karton itu adalah pembungkus paket-paket barang yang dirusak dan isinya dicuri dari dalam kereta barang. Para pencuri meloncat masuk kereta yang sedang dalam perjalanan dari pengecer ke lokasi pengiriman ke konsumen di seluruh Amerika.

Minggu lalu stasiun-stasiun TV berita menayangkan video yang memperlihatkan ribuan kardus bekas berserak di sepanjang jalur kereta api Union Pacific di timur laut pusat kota Los Angeles di kawasan Lincoln Park. Kardus-kardus itu dibuang begitu saja oleh pencuri. Dalam tayangan dari TV NBC4 itu tampak dua pria berjalan di sepanjang rel. Satu dari mereka memegang apa yang tampak seperti pemotong rantai.

Gubernur Newsom mengatakan rencana anggarannya yang baru mencakup dana untuk menambah Gugus Tugas Pencurian Ritel Terorganisir yang dibentuk tahun lalu ketika Los Angeles, San Francisco dan kota-kota lain mengalami pencurian terorganisir, di mana kawanan perampok merangsek toko-toko ritel.

Para petugas membersihkan kardus-kardus dan barang-barang bekas lainnya di lokasi rel kereta api Union Pacific, Los Angeles, 20 Januari 2022. (AP)
Para petugas membersihkan kardus-kardus dan barang-barang bekas lainnya di lokasi rel kereta api Union Pacific, Los Angeles, 20 Januari 2022. (AP)

Pencuri paket di kereta api, menurut Gubernur Newsom, adalah juga kejahatan terorganisir sehingga perlu diadili layaknya pelaku kejahatan terorganisir. “Orang-orang ini ditangkap seolah-olah mereka tidak terkait kejahatan itu. Kita perlu mengubahnya,” kata Newsom.

Ia menambahkan, sudah 280 orang ditangkap terkait pencurian paket di kereta api. Tetapi dia tidak tahu dalam periode apa penangkapan itu dilakukan atau apakah pelakunya dalam proses penuntutan atau tidak.

“Seharusnya lebih banyak yang ditangkap, lebih dari 280 yang telah ditangkap dan mereka harus dimintai pertanggungjawaban,” kata Gavin Newsom.

Pada Desember lalu, Union Pacific mengirim surat kepada Jaksa Wilayah Los Angeles County George Gascon. Mereka mendesak kejaksaan mengajukan tuntutan yang lebih keras terhadap pencuri kargo. Mereka juga menuntut agar pelaku tidak dibebaskan dengan jaminan seperti terjadi selama ini dengan alasan untuk mengurangi kepadatan penjara semasa pandemi virus corona.

Ditulis dalam surat itu, “Orang-orang ini umumnya ditangkap dan dibebaskan dalam waktu kurang dari 24 jam. Dengan pongah penjahat mengatakan kepada petugas bahwa tuduhan terhadap mereka hanya pelanggaran ringan, tanpa konsekuensi (hukum) yang serius.”

Sampah kardus dan barang-barang lainnya terlihat berserakan di sepanjang rel kereta api Union Pacific, Los Angeles, 20 Januari 2022. (AP).
Sampah kardus dan barang-barang lainnya terlihat berserakan di sepanjang rel kereta api Union Pacific, Los Angeles, 20 Januari 2022. (AP).

Penerapan pembebasan tanpa uang jaminan untuk pelanggaran ringan dan kejahatan tingkat rendah dicabut di seluruh California pada 2020, tetapi tetap berlaku dalam sistem Pengadilan Tinggi Los Angeles County. Partai Republik berulang kali menyerukan diakhirinya pembebasan tanpa uang jaminan. Mereka beralasan, “Penjahat tahu cara memanfaatkan kebijakan itu,” kata Scott Wilk, ketua fraksi Republik di Senat negara bagian. Distriknya mencakup bagian utara Los Angeles County.

Sekelompok anggota DPR fraksi Republik Kamis lalu mengirim surat kepada Jaksa Agung Merrick Garland, meminta bantuan federal untuk menindak pencurian itu, yang telah mengganggu rantai pasokan.

Patroli Jalan Raya California (CHP) mengatakan sedang memperluas satuan tugas pencurian ritel yang memungkinkannya meningkatkan patroli dan berkoordinasi lebih baik dengan polisi, sheriff, dan pasukan keamanan Union Pacific. Union Pacific dan perusahaan kereta api lainnya mempunyai pasukan polisi sendiri yang diakreditasi negara bagian.

Rabu lalu, Sheriff Los Angeles County Alex Villanueva mengatakan unit khusus di departemennya yang berfokus pada pencurian kargo dihapus karena pengurangan anggaran. Kantor tersebut, bersama Union Pacific dan agen-agen federal, sedang berusaha mewujudkan rencana menambah lebih banyak petugas keamanan dan patroli di sepanjang rel. [ka/jm]

  • Bagikan