Pabrik Susu Bayi Abbott Minta Maaf atas Kekurangan Produksi

  • Bagikan
AS sedang mengalami kelangkaan susu bayi yang susah didapatkan di pasaran (foto: ilustrasi).

Seorang pejabat pabrik susu bayi Abbott, hari Rabu (25/5), meminta maaf kepada keluarga-keluarga AS yang terdampak oleh kekurangan susu formula bayi.

“Kami sangat menyesal dan berjanji untuk memastikan bahwa kekurangan seperti ini tidak pernah terjadi lagi,” kata Christopher Calamari, wakil direktur senior nutrisi, dalam pernyataan yang disiapkan untuk sidang komite Kongres AS.

Amerika berjuang untuk mengatasi kekurangan susu formula bayi selama berbulan-bulan. Awalnya hal ini disebabkan oleh hambatan rantai pasokan dan kurangnya pekerja pabrik akibat pandemi. Kekurangan itu diperparah pada Februari setelah meninggalnya dua bayi, dan Abbott mengumumkan “penarikan” atas susu formula yang dibuat di pabriknya di Michigan dan menutup pabrik itu.

“Kami percaya bahwa tidak ada bukti konklusif yang mengaitkan susu formula kami dengan penyakit dan kematian bayi yang disebabkan oleh bakteri cronobacter sakazakii, yang ditemukan di beberapa tempat dalam pabrik kami di Michigan,” kata Calamari.

Ia menambahkan, sampel yang dites positif dari bakteri tersebut diambil dari daerah yang “tidak bersentuhan langsung” dengan susu formula itu.

Pabrik Abbott di Michigan adalah salah satu pabrik susu bayi terbesar di Amerika, termasuk susu dengan resep khusus untuk anak-anak yang punya alergi atau dengan kondisi metabolisme tertentu.

Kepala FDA (Badan Pengolahan Obat dan Makanan), Robert Califf mengakui bahwa penyelidikan itu lambat karena pandemi. Ia menambahkan, FDA tidak bisa memulai penyelidikan sampai akhir Januari karena karyawan Abbott dinyatakan positif COVID-19. [ps/jm]

  • Bagikan