Lebih 800 Orang Berkompetisi Tangkap Ular Sanca di Florida

  • Bagikan
Warga menangkan ular sanca Burma di Florida (foto: dok).

Lebih dari 800 orang akan bersusah payah melalui Florida Everglades pekan depan untuk mencari ular sanca Burma yang invasif, untuk mendapatkan hadiah ribuan dolar. Ular sanca ini kerap disebut sebagai ular piton.

Perburuan ular ini secara resmi dimulai Jumat lalu (5/8) dan akan berakhir 15 Agustus mendatang.

“Perburuan ini penting karena setiap ular sanca yang berhasil ditangkap berarti mengurangi satu spesies invasif yang memangksa burung, mamalia dan reptile kita,” ujar Ibu Negara Bagian Florida Casey DeSantis.

Menurut rilis berita, sejak tahun 2000 ada lebih dari 17.000 ular sanca yang dikeluarkan dari ekosistem Everglades. Sanca Birma, yang bukan asli Florida, memangsa burung, mamalia dan reptile. Seekor ular sanca betina dapat bertelur hingga 100 butir dalam setahun.

Hadiah uang tunai hingga 2.500 dolar disediakan untuk kategori professional dan pemula, bagi mereka yang dapat menangkap ular sanca paling banyak. Hadiah tambahan diberikan untuk ular sanca terpanjang yang dapat ditangkap di setiap kategori. Setiap ular sanca yang ditangkap harus dibunuh, tetapi para pemburu berpotensi didiskualifikasi jika mereka membunuh ular-ular itu secara tidak manusiawi atau membunuh ular asli.

Sejauh ini pemburu yang terdaftar mewakili 32 negara bagian dan Kanada. Mereka yang telah mendaftar secara online dan membayar uang pendaftaran harus menyelesaikan kursus pelatihan online sebelum memulai perburuannya. [em/jm]

  • Bagikan