Sekilas Info

Sejarah

Replika Rumah Syafruddin Prawiranegara Dibangun

Suaraindo.id - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) bangun replika rumah Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat, Rabu (2/9/2020).

Rektor UMSB, Riki Saputra mengatakan, pasca disurvey dua bulan lalu ke rumah Syafruddin Prawiranrgara bersama Fakultas Teknik di Koto Tinggi. Pihak UMSB langsung membangun replika rumah tersebut, karena telah berusia ratusan tahun.

"Ini memang menjadi agenda mendesak kita, untuk sesegara mungkin membangun replika rumah tersebut. Kita juga khawatir, jika tidak dibangun maka ini akan melunturkan nilai-nilai sejarah Pak Syafuddin berserta ajudannya. Karena Indonesia pada masa itu dipimpin oleh beliau," kata Riki kepada suaraindo.id.

Lanjut Riki, pembangunan replika rumah Syafruddin Prawiranegara adalah momen dalam bentuk pengabdian UMSB kepada masyarakat.

"Alhamdulillah pada hari ini, bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat, meletakan batu pertama pembangunan replika rumah Syafruddin Prawiranegera," jelas Riki.

Didaerah tersebut terdapat tujuh unit rumah Syafruddin bersama ajudannya. Sementara dari UMSB akan membangun satu unit rumah dan yang lainnya akan digarap bersama-sama stakeholder, pemerintah atau intansi yang konsen dengan nilai nilai sejarah.

"Insyaallah ini akan kita wujudkan, seriring banyaknya objek wisata di Koto Tinggi, " terang Riki.

Penulis: Warman
Editor: Redaksi

Baca Juga